Breaking News:

Maluku Terkini

Hadiri MTQ di Kailolo, Gubernur Minta Masyarakat Selalu Ciptakan Suasana Kondusif

Dia berharap, masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai al-Quran dalam membangun sumber daya manusia, sehingga dapat menciptakan suasana tersebut.

Courtesy/ Humas Provinsi Maluku
Pemberian cendramata dari pemuda pemudi Kailolo kepada Gubernur Maluku Murad Ismail saat pembukaan MTQ ke-1 Kailolo, Sabtu (20/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta masyarakat menciptakan suasana yang kondusif dan hidup bertetangga dengan baik.

“Semoga masyarakat dapat menciptakan suasana yang kondusif di dalam negeri sendiri, maupun dengan negeri tetangga,” kata Gubernur Maluku Murad Ismail saat menghadiri kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-I di Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (20/2/2021).

Dia berharap, masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai al-Quran dalam membangun sumber daya manusia, sehingga dapat menciptakan suasana tersebut.

Mantan Dankor Brimob Polri itu mengatakan, dengan adanya keramat-keramat para aulia di Negeri Kailolo, menandakan negeri ini dibangun dengan dasar agama Islam yang sangat kuat.

"Budaya Negeri Kailolo sangat bernuansa Islami. Konon kabarnya, Islam di negeri ini dibawa langsung oleh cicit Rasulullah yaitu Ali Zainal Abidin bin Husain bin Abi Thalib. Di mana di atas bukit negeri ini, terdapat keramat Ahlul Bait-nya Rasulullah SAW dan Aulia Syekh Maulana Malik Ibrahim dari sembilan Wali Songo yang datang menyebarkan Islam di tanah Jawa," katanya.

Menurut Gubernur, para penyebar Islam itu datang untuk menyiarkan kebenaran al-Quran. Untuk itu, Gubernur mengajak masyarakat Kailolo untuk membangkitkan rasa cinta kepada al-Quran sekaligus memaknai dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Insya Allah akan mendatangkan keberkahan buat negeri ini, dan kedepan orang akan mengenal Negeri Kailolo sebagai negeri yang religius," ajaknya.

Pelaksanaan MTQ Ke-1 Negeri Kailolo berlangsung di Masjid Nandatu Sahapory Negeri Kailolo.

Gubernur Maluku datang ke Kailolo dengan menaiki spit di malam hari.

Dia bersama Sekda Maluku Kasrul Selang, Bupati Abua Tuasikal, Komisaris Utama Bank Maluku Sam Latuconsina, serta OPD Kabupaten Maluku Tengah, Kemenag Maluku, LPTQ Maluku, para tokoh agama, tokoh ada, masyarakat, alim-ulama Negeri Kailolo, serta negeri tetangga di Pulau Haruku.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved