Breaking News:

Kasus Korupsi

Terlibat Kasus Korupsi, Eks Kepala SMK 3 Banda Neira Diadili Pekan Depan

Dia melakukan mark-up, pencairan uang fiktif, hingga memalsukan tandatangan untuk pencairan gaji guru-guru honor.

Terlibat Kasus Korupsi, Eks Kepala SMK 3 Banda Neira Diadili Pekan Depan
Tribun Ambon/dok_kejati_maluku
DANA BOS - Eks Kepala SMKN 3 Maluku Tengah di Banda Naira, Rahman Ladjai, saat diserahkan ke Rumah Tahanan Kelas II A Ambon, Selasa (9/2/2021) siang. Rahmad ditahan sebelum jalani sidang penuntutan di PN Ambon, karena gelapkan Rp600 juta dana BOS 2015-2019

TRIBUNAMBON.COM -- Pengadilan Tipikor Ambon telah mengagendakan sidang perdana Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Malteng di Banda Neira, Rahman Lajai.

Tersangka kasus dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun anggaran 2015-2019 itu akan menjalani sidang perdana Selasa, (23/2/2021) mendatang.

Sidang itu terdaftar dengan nomor perkara 4/Pid.Sus-TPK/2021/PN Amb dan akan dilakukan secara on­line. Kebijakan ini untuk mence­gah penyebaran virus corona.

“Iya benar, sidang kasus atas nama terdakwa Rahman Lajai akan digelar Selasa depan,” kata Humas Pengadilan Negeri Ambon, Lucky Rombot Kalalo, melalui whatsApp, Sabtu, (20/2/2021).

Ardian Junaedi dan Eko Nugroho akan menjadi Jaksa Penuntut Umum dalam kasus tersebut.

Mantan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kabupaten Maluku Tengah di Banda Neira itu, ditetapkan sebagai tersangka setelah memeriksa sejumlah saksi-saksi dan bukti pendukung lainnya.

Pada tahun 2015-2019, sekolah itu mendapat kucuran dana BOS dari pemerintah untuk kepentingan sekolah sesuai dengan petunjuk teknis.

Namun, uang miliaran itu tidak sesuai juknis.

Dia melakukan mark-up, pencairan uang fiktif, hingga memalsukan tandatangan untuk pencairan gaji guru-guru honor.

Perbuatan itu merugikan negara hingga Rp.600 juta lebih.

Tersangka disangkakan dengan pasal 2 dan pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 64 KUHP. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved