Breaking News:

Sidang Sinode GPM ke38

Uskup Mandagi: Semoga Pendeta Elifas Maspaitella Bawa GPM Jadi Gereja Bukan Organ Politik di Maluku

“Semoga Pendeta Elifa bisa bawa Sinode GPM menjadi geraja, bukan menjadi organisasi politik,” ujar Monsigneur Mandagie.

Uskup Mandagi: Semoga Pendeta Elifas Maspaitella Bawa GPM Jadi Gereja Bukan Organ Politik di Maluku - uskup_monsigneur-petrus-c-mandagi_desember-2020.jpg
Tribun Ambon/Fandi Wattimena
MONSIGNEUR Petrus C Mandagi dalam sebuah acara di Keuskupan Amboina, Ambon, Maluku, 12 Desember 2020 lalu. Selain sebagai Uskup Administrator Apostolik Amboina, Mgr Mandagiakhir tahun lalu dikukuhkan sebagai Uskup Agung Marauke di Papua.
Uskup Mandagi: Semoga Pendeta Elifas Maspaitella Bawa GPM Jadi Gereja Bukan Organ Politik di Maluku - pdt_elifas_maspaitella_dan_uskup_mgr_amboina.jpg
courtesy_facebook_elifas_maspaitella
JALAN BERSAMA - Pendeta Elifas Maspaitella berjalan bersama Uskup Apostolik Amboina Mgr PC Mandadgi di sebuah acara keumatan di Ambon tahun 2016 lalu.
Uskup Mandagi: Semoga Pendeta Elifas Maspaitella Bawa GPM Jadi Gereja Bukan Organ Politik di Maluku - uskup-administrator-apostolik-amboina_2019.jpg
dok KOMPAS/
MONSIGNEUR Petrus C Mandagi dalam sebuah acara di Keuskupan Amboina, Ambon, Maluku 2019. Selain sebagai Uskup Administrator Apostolik Amboina, Mgr Mandagiakhir tahun lalu dikukuhkan sebagai Uskup Agung Marauke di Papua.

Laporan Wartawan TribunAmbon.com: Tanita Pattisiana

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Uskup Administrator Apostolik Amboina sekaligus Uskup Agung Marauke di Papua, Mgr Petrus Canisius Mandagi (70), menyampaikan selamat dan dukungan pihak Keuskupan Katolik Amboina dan Marauke atas terpilihnya Pendeta Elifa Tomix Maspaitella (46), sebagai Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) GPM periode 2020-2025.

Dia berharap, sebagai pendeta muda yang memimpin organisasi gereja dengan umat terbesar di Maluku dan Maluku Utara, Elifas melanjutkan program yang baik dari pendahulunya dan membawa angin segar perrubahan di masa kepemimpinannya lima tahun mendatang.

Pendeta Elifas Maspaitella resmi dikukuhkan mengantikan seniornya, Pendeta AJ Wiranussa sebagai Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM Maluku dalam Sidang ke-38 Sinode GPM di Gereja Marantha, sejak 7 hingga 18 Februari 2021 ini.

Pastor yang ikut menjadi salah satu tokoh utama dalam Deklarasi Perdamaian Malino 2001 lalu, juga mengingatkan Pendeta Elifas Maspaitella untuk membawa GPM menjadi utusan Tuhan di Bumi.

TRIBUNAMBON_greetings Sidang Sinone_
TRIBUNAMBON_greetings Sidang Sinone_ (Tribun Ambon)

“Semoga Pendeta Elifa bisa bawa Sinode GPM menjadi geraja, bukan menjadi organisasi politik,” ujar Monsigneur Mandagie kepada TribunAmbon,com, Kamis (18/2/2021) siang, melalui sambungan telepon.

Baca juga: BREAKINGNEWS: Sah Pendeta ET Maspaitella Terpilih Jadi Ketua Sinode GPM Maluku 2020-2025

Baca juga: Sidang Virtual Bersejarah, 9 Fakta Penting Forum Keputusan Tertinggi Gereja Protestan Maluku

Monsigneur menyebutkan sekitar satu jam usai penetapan sebagai Ketua Sinoden GPM di Gereja Marantha, Ambon, dia sudah menelpon langsung dan membri ucapan selamat.

“Saya tadi sudah menelpon Pendeta Elifas, saya sampaikan selamat dan menyampaikan beberapa harapan,” ujar Uskup yang dikenal selalu bicara blak-blakan dan terbuka ini.

Monsigneur menyampaikan harapan ini kepada TribunAmbon.com, Kamis (18/2/2021) melalui sambungan telepon.

Monsigneur Mandagi berada di kediaman resmi keuskupan di Kota Ambon.

Dia mengaku sudah dalam kondisi sehat dan sudah dinyatakan negatif setalah diberitakan terkonfirmasi positif Covid-19, akhir Januari 2021 lalu.

Di bagian lain konfirmasi by phone ini,  Monsigneur menyebut Elifa sebagai pendeta aktivis sosial sekaligus kritis dan berjiwa muda.

“Pendeta Elifas ini masih berjiwa muda. Semoga dia bisa menjadi pertanda kehadiran dan kebesaran Kristus di dunia. Semoga pesan Cinta, keadilan dan kedaiaman dunia akan terjaga di Maluku dan Maluku Utara.

MONSIGNEUR Petrus C Mandagi dalam sebuah acara di Keuskupan Amboina, Ambon, Maluku 2019. Selain sebagai Uskup Administrator Apostolik Amboina,  Mgr Mandagiakhir tahun lalu dikukuhkan sebagai Uskup Agung Marauke di Papua.
MONSIGNEUR Petrus C Mandagi dalam sebuah acara di Keuskupan Amboina, Ambon, Maluku 2019. Selain sebagai Uskup Administrator Apostolik Amboina, Mgr Mandagiakhir tahun lalu dikukuhkan sebagai Uskup Agung Marauke di Papua. (dok KOMPAS/)

Baca juga: Ketua Satgas Covid-19 Maluku : Uskup Mandagie Positif Covid-19, Kondisinya Baik

Baca juga: Uskup Amboina Minta Media Terus Beritakan Kebenaran

Dia menyebut GPM Maluku sebagai organisasi gereja besar dari sisi jumlha jamaat dan gereja di gugus kepulauan Maluku.

“Dengan jumlah yang besar di Maluku dan Maluku Utara ini jadi modal besar juga untuk sumber persaudaraan bagi seseama agama Kristen dan agama non Kristen disini,” ujarnya.

Baca juga: Pdt Elifas T Maspaitella Saya Berjanji Melayani Gereja Protestan Maluku dengan Sepenuh Hati

Dilansir sirus resmi GPM, setelah melalui tahapan pemilihan bakal calon (Balon), dua nama dipastikan bersaing pada bursa calon ketua umum MPH Sinode GPM periode 2020-2025 yaitu Pendeta Elifas Tomix Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette, Kamis (18/2).
Keduanya lolos menjadi calon setelah mengantongi suara diatas 50 dari 274 suara peserta biasa sidang ke-38 Sinode GPM. Dimana Pendeta Elifas meraih 162 suara dan Pendeta Cak Sapulette memperoleh 52 suara.
Selanjutnya dari pantauan tim, baik Maspaitella yang adalah Sekretaris Umum MPH Sinode GPM periode 2015-2020 dan Sapulette yang saat ini melayani sebagai ketua Klasis Pulau Ambon Timur diuji oleh panitia pemilihan berdasarkan kriteria dan tata cara pemilihan.
Sebelumnya pada tahap pemilihan bakal calon, selain Maspaitella dan Sapulette terdapat nama Pendeta Y Lorwens yang mengantongi 3 suara, Pendeta Ferry Nahusona 17 suara, Pendeta Sonny Hetharie 35 suara, Pendeta Nick Sedubun 1 suara, Pendeta C Tamaela 1 suara. Sedangkan 3 suara tidak sah.
"Surat suara tidak sah yaitu 3 karena tertulis lima calon ketua Sinode. Hasil pemilihan bakal calon, terdapat dua nama yang lolos sebagai calon ketua umum MPH Sinode GPM dan akan diuji dengan kriteria yaitu Pendeta Elifas Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette," tandas Ketua Panitia Pemilihan Jafet Damamain.
Pemilihan ketua umum MPH Sinode GPM ini berlangsung terbuka dan disiarkan secara live streaming lewat YouTube dari pusat sidang ke-38 Sinode GPM Gedung Gereja Maranatha.(*)
Penulis: Fandi Wattimena
Editor: Nur Thamsil Thahir
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved