Breaking News:

Sidang Sinode GPM

BREAKINGNEWS: Sah Pendeta Elifas Maspaitella Terpilih Jadi Ketua Sinode GPM Maluku 2020-2025

Karena pandemi, forum tertinggi pemilihan Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) GPM ini disiarkan live melalui akun resmi Youtube Sinode GPM Ambon.

Penulis: Fandi Wattimena
Editor: Nur Thamsil Thahir

Laporan Wartawan TribunAmbon.com: Fandy Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM —  Sekretaris Umum Majelis Pekerja Harian Sinode GPM periode 2015-2020, Pendeta (Pdt) Elifas Tomix Maspaitela MTh (46), terpilih menjadi Ketua Sinode GPM Periode 2020-2025.

Pemilihan ini berlangsung dalam  Sidang ke-38 Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) di Gereja Maranatha, Jl Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Kamis (18/2/2021).

Pendeta cum aktivis sosial Maluku ini menggantikan Ketua Sinoede periode sebelumnya, Pdt AJS Werinussa STh (Ketua periode 2015-2020)

Karena pandemi, forum tertinggi pemilihan Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) GPM ini disiarkan live melalui akun resmi Youtube Sinode GPM Ambon.

Karena pendemi panitia menyiapkan pemilihan ini dengan siaran live streaming.

emilihan ini adalah puncak dari Sidang XXXVIII Sinode GPM Maluku yang digelar selama 12 hari, dari 7 hingga 18 Februari 2021.

Karena pandemi, masa sidang Institusi pengambilan keputusan tertinggi organisasi gereja berusia 86 tahun ini  sempat diperpanjang dua kali.

Awalnya 7-14 Februari. Lalu kedua, sidang diperpajang dua hari hingga Senin (14/2/2021).

Karena alot dan beberapa kali diskors, akhirnya diperpanjang lagi hingga Kamis (18/2/2021). 

Pembahasan alot di sidang komisi yang digelar di sembilan gereja terpisah dan batasan usia calon ketua dan pengurus.

Pada sidang pemilihan yangdimulai sejak Rabu (17/2), sebanyak 274 orang peserta sidang yang memiliki hak memilih telah menggunakan haknya untuk menentukan pilihan. Tercatat ada 3 kertas suara yang dinyatakan tidak sah.

Baca juga: Uskup Mandagi: Semoga Pendeta Elifas Maspaitella Bawa GPM Jadi Gereja Bukan Organ Politik di Maluku

TRIBUNAMBON_greetings Sidang Sinone_
TRIBUNAMBON_greetings Sidang Sinone_ (Tribun Ambon)

Di tahap penjaringan awal, Maspaitella meraih suara mayoritas dalam pemilihan bakal calon ketua dengan meraih 162 suara.

Di tahap pemilihan tahap kedua Maspaitellah terpilih dengan 202 suara. Ini ditetapkan jadi ketua.  

Sementara Cak Sapulete meraih 69 suara. Suara tak sah ada 3.

Di tahap pemilihan bakal calon, Maspaitella mengungguli empat calon lainnya.

Pdt . C . Sapullete: 52 suara

Pdt . Y. Laurens: 3 suara

Pdt . F . Nahusona 17 suara

Pdt . Sony Hetharia: 35 suara

Pdt Nick Sedubun: 1 suara

Pdt Chaptamaela ; 1 suara.

Situs resmi Sinode GPM, melansir setelah melalui tahapan pemilihan bakal calon (Balon),

Pendeta Elifas Tomix Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette,dua nama dipastikan bersaing pada bursa calon ketua umum MPH Sinode GPM periode 2020-2025 yaitu Pendeta Elifas Tomix Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette.

Keduanya lolos menjadi calon setelah mengantongi suara diatas 50 dari 274 suara peserta biasa sidang ke-38 Sinode GPM.

Dimana Pendeta Elifas meraih 162 suara dan Pendeta Cak Sapulette memperoleh 52 suara.

Selanjutnya dari pantauan tim, baik Maspaitella yang adalah Sekretaris Umum MPH Sinode GPM periode 2015-2020 dan Sapulette yang saat ini melayani sebagai ketua Klasis Pulau Ambon Timur diuji oleh panitia pemilihan berdasarkan kriteria dan tata cara pemilihan.

Sebelumnya pada tahap pemilihan bakal calon, selain Maspaitella dan Sapulette terdapat nama Pendeta Y Lorwens yang mengantongi 3 suara, Pendeta Ferry Nahusona 17 suara, Pendeta Sonny Hetharie 35 suara, Pendeta Nick Sedubun 1 suara, Pendeta C Tamaela 1 suara. Sedangkan 3 suara tidak sah.

"Surat suara tidak sah yaitu 3 karena tertulis lima calon ketua Sinode. Hasil pemilihan bakal calon, terdapat dua nama yang lolos sebagai calon ketua umum MPH Sinode GPM dan akan diuji dengan kriteria yaitu Pendeta Elifas Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette," tandas Ketua Panitia Pemilihan Jafet Damamain.

Pemilihan ketua umum MPH Sinode GPM ini berlangsung terbuka dan disiarkan secara live streaming lewat YouTube dari pusat sidang ke-38 Sinode GPM Gedung Gereja Maranatha. 

Proses pemilihan yang berlangsung dua putaran ini berjalan lancar. (*)

EDITORIAL DISCLAIMER 13.40 Wit :
TribunAmbon.com meminta maaf jika pemberitaan yang lebih cepat satu jam.
Karena pandemi, panitia membatasi akses peliputan. 
Wartawan yang menyaksikan berita ini dari Live Streaming YouTube awalnya menganggap pemilihan bakal ketua adalah tahap akhir. Inilah kenapa berita kami dengan judul Sah Pendeta ET Maspaitella Terpilih Jadi Ketua GPM Maluku  Turun lebih cepat dari tahapan formil.
Tak ada sama sekali maksud kami untuk mengarahkan pemilihan. Dengan disclaimer ini sekaligus menjadi ralat dan permintaan maaf.
Permintaan maaf TribunAmbon.com juga sudah kami sampaikan secara lisan kepada Ketua Panitia Sidang Ke-38 Sinode GPM Prof Dr Tony Pariella, pukul 13.41 WIT.
Halaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved