Breaking News:

Cuaca

Waspada Tinggi Gelombang Capai 3 Meter di Perairan Maluku

Peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini berlaku hingga Rabu (17/2/2021).

Editor: Salama Picalouhata
setkab.go.id
ilustrasi peringatan dini gelombang tinggi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Salama Picalouhata

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Stasiun Maritim Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Ambon memperingatkan adanya gelombang hingga mencapai 1,25 – 2,50 meter di sejumlah perairan Maluku. 

Peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini berlaku hingga Rabu (17/2/2021).

Dikutip dari peta-maritim.bmkg.go.id, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Utara–Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Kepulauan Sangihe, Perairan Halmahera, Perairan Utara Papua, Laut Banda, dan Laut Alifuru.

Kondisi ini dapat mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Gelombang setinggi 1,25 - 2,50 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan laut Maluku seperti di Laut Seram Bagian Timur, Perairan Buru, Perairan Pulau Ambon, Laut Banda, Perairan Kepulauan Tanimbar dan Perairan Aru.

 “Di perairan itu diperkirakan tinggi gelombang akan mencapai 1,25 – 2,50 meter,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Stasiun Ambon, Ashar , Selasa, (16/2/2021).

Menurutnya, peringatan dini adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan Maluku itu akan berlaku sejak hari ini hingga besok.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada warga yang tinggal di pesisir pantai agar dapat mewaspadai gelombang tinggi di daerah-daerah tersebut.

 “Demi keselamatan di laut, kami mengimbau agar sebaiknya warga, khususnya nelayan, dapat lebih waspada dan sebaiknya tidak pergi melaut di perairan-perairan yang berpotensi gelombang tinggi,” imbaunya.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved