Breaking News:

Lalu Lintas di Ambon

Atasi  Macet, Warga Minta Parkiran Depan Polda Maluku Ditertibkan, Bukan Tutup Jalan

Warga yang kerap menjadikan jalur tersebut sebagai akses utama menawarkan solusi lain, yakni menertibkan parkiran di depan Markas Polda Maluku.

TribunAmbon.com/Fandi
LALU LINTAS - Perempatan Jalan Pattimura dan Jalan Rijali. Jalur yang ditutup menggunakan road barrier berubah menjadi area parkiran, Selasa (26/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Fandi Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM,- Penutupan jalur dari Jalan Pattimura menuju Jalan Rijali Ambon dinilai bukan solusi tepat untuk mengatasi kemacetan. 

Warga yang kerap menjadikan jalur tersebut sebagai akses utama menawarkan solusi lain, yakni menertibkan parkiran di depan Markas Polda Maluku.

Dalam wawancara acak di Skip dan Batu Meja warga menyatakan, penyempitan badan jalan Rijali disebabkan bibir jalan difungsikan sebagai parkiran kendaraan roda dua.

“Itu jalan cukup lebar, tapi parkiran disitu yang bikin sempit. Pada jam-jam tertentu macet,” kata Mery, Warga Skip, Selasa (26/1/2021) siang.
“Tertibkan parkiran, bukan tutup jalan,” imbuhnya.

Serupa dengan itu, warga lainnya menyatakan, rekayasa lalu lintas di jalan Rijali itu akan memperparah kemacetan di kota berpenduduk 376.152 jiwa itu.

Pasalnya, setelah penutupan, pengendara harus melewati Jalan Telukabessy yang menjadi jalur dengan tingkat kemacetan terparah.

“Penumpukan kendaraan akan semakin tinggi, otomatis kemacetan makin panjang,” ujar Manu, warga Batu Meja itu, Selasa.

Dia mengaku heran, alasan penyebab penutupan jalur tersebut, lantaran kawasan itu bukan jalur dengan tingkat kemacetan parah.

Baca juga: Jalan Rijali Jadi Satu Arah, Warga Skip dan Batu Meja Protes

Apalagi, penutupan jalan yang dilakukan Satlantas Polresta Ambon dan Pulau –Pulau Lease tidak didahului dengan sosialisasi kepada warga setempat.

“Tidak ada pemberitahuan dan sosialisasi. Sempat tanya petugas, katanya ini perintah atasan,” cetusnya.

LALU LINTAS - Pasca penutupan Jalur, Jalan Rijali jadi satu arah, Selas (26/1/2021).
LALU LINTAS - Pasca penutupan Jalur, Jalan Rijali jadi satu arah, Selas (26/1/2021). (TribunAmbon.com/Fandi)

Satlantas dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (25/1/2021), menjelaskan alasan rekayasa lalu lintas di jalan rijali itu yakni untuk mengatasi kemacetan dan kecelakaan.

“Kami dari satlantas resta Ambon, melakukan rekayasa arus lalin di Jalan Rijali dibuat satu arah (penutupan arus lalin di Jalan Rijali yang akan menuju ke skip). Beberapa alasan rekayasa tersebut dilakukan karena berdasarkan analisa dan data kami, bahwa di jalan tersebut sering terjadinya kecelakaan. Kemudian sering terjadinya kemacetan yang disebabkan ruas jalan yang sempit dan kesemrautan kendaraaan yang kan menuju ke arah Skip terutama kendaran dari perempatan polda yang akan masuk menuju skip,”

Penulis: Fandi Wattimena
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved