Breaking News:

Maluku Terkini

Wajib Rapid Test Antigen di Lingkup Kantor Gubernur Provinsi Maluku

Kebijakan ini akan berlaku di lingkungan Kantor Kantor Gubernur Provinsi Maluku mulai, Senin (25/1/2021) hingga Minggu (28/2/2021).

TribunAmbon.com/Mesya
RAPID TEST ANTIGEN - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Provinsi Maluku, Adonia Rerung berbicara terkait kebijakan rapid test antigen di lingkungan Provinsi Maluku di Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kamis (21/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pada Februari mendatang, Pemerintah Provinsi Maluku memberlakukan wajib rapid test antigen.

Kebijakan ini akan berlaku di lingkungan Kantor Kantor Gubernur Provinsi Maluku mulai, Senin (25/1/2021) hingga Minggu (28/2/2021).

Wajib rapid test antigen ini tidak hanya diperuntukan bagi pegawai Kantor Gubernur Maluku saja, namun juga untuk wartawan yang meliput hingga seluruh tamu yang berkunjung ke kantor Gubernur Provinsi Maluku.

“Setelah melakukan rapid antigen dan hasilnya nonreaktif, mereka akan diberikan kartu,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Provinsi Maluku, Adonia Rerung saat jumpa pers di Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kamis (21/1/2021).

Ia menjelaskan, kartu yang diberikan merupakan tiket masuk Kantor Gubernur Maluku dan berlaku selama 14 hari.

RAPID ANTIGEN - Suasana rapid test antigen di lingkup kantor Gubernur Maluku, Kamis (21/1/2021
RAPID ANTIGEN - Suasana rapid test antigen di lingkup kantor Gubernur Maluku, Kamis (21/1/2021 (TribunAmbon.com/Mesya)

Jika berlanjut maka akan dilakukan rapid antibody berulang sambil menunggu kebijakan baru. “Satpol PP yang akan bertugas untuk periksa kartu petunjuk bahwa telah melakukan rapid antigen itu,” jelasnya.

Adapun waktu kunjungan tamu juga diatur. Tamu dari kedinasan boleh berkunjung di setiap hari kerja. Sementara tamu dari non-kedinasan hanya boleh berkunjung di pukul 14:00 hingga16:30 WIT setiap hari kerja.

Jika hasil rapid test antigen ada di antaranya yang menunjukan reaktif, maka tim Satgas Covid-19 Maluku akan menindaklanjuti hal tersebut dengan merujuk yang bersangkutan mengikuti pemeriksaan swab.

Pelaksanaan rapid test antigen ini juga berlaku bagi pelaku perjalanan dari luar daerah. Meski sudah memiliki hasil non-reaktif atau negatif dari tes sebelumnya di daerah asal, namun tetap akan dilakukan rapid tes antigen jika hendak masuk ke gedung Kantor Gubernur Maluku.

”Sebanyak 1500 pegawai yang akan bekerja pada hari Senin semuanya telah diperiksa mulai hari ini sampai hari Minggu. Sisanya akan diperiksa secara bertahap,” tandasnya.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved