Breaking News:

Cara Membuat SKCK, Ini Tata Cara hingga Biayanya

Cara membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kepolisian. Mulai dari syarat dokume, bagaimana alurnya, tata cara, hingga biayanya.

skck.polri.go.id
skck 

TRIBUNAMBON.COM - Inilah cara membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kepolisian.

Dikutip dari skck.polri.go.id, SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat.

SKCK dibuat untuk menerangkan tentang ada atau tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Masa berlaku SKCK selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Artinya, jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Ada dua cara untuk membuat SKCK, yaitu datang langsung kantor polisi terdekat, misalnya Polsek dengan membawa dokumen lalu mengisi formulir yang disiapkan petugas.

Bisa mendaftar secara online di situs resmi https://skck.polri.go.id/ dengan cara mengunggah dokumen serta mengisi form yang tersedia.

Umumnya, seseorang membuat SKCK untuk melamar pekerjaan atau mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Namun, fungsi dan SKCK lebih dari itu. Pun pembuatan SKCK tidak melulu di polsek. Tergantung keperluan atau untuk apa SKCK itu dibuat.

Misal untuk mendaftar CPNS atau mengikuti rekrutmen TNI/Polri, maka Anda harus datang ke polres, bukan polsek.

Halaman
1234
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved