Breaking News:

Perkuat Potensi Wisata Kampung Siwang Ambon, Ini yang Dilakukan Kelompok Sadar Wisata

Wisata alam di Pulau Ambon tengah menjadi destinasi favorit pilihan warga kota.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Kelompok Sadar Wisata (Pokdaris) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada warga di Dusun Siwang, Negeri Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Kegiatan yang berlangsung selama delapan hari sejak 28 September hingga 5 Oktober itu terfokus pada wisata Kampung Siwang. 

Liputan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Wisata alam di Pulau Ambon tengah menjadi destinasi favorit pilihan warga kota.

Udaranya yang sejuk, pemandangan alam yang asri dan menakjubkan, mampu membuat wisatawan rela tempuh meski jalurnya kadang tak mudah.

Jika ditunjang dengan sektor jasa yang mumpuni, tentu saja hal ini akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya bagi warga sekitar yang terlibat langsung dalam pengelolaan pariwisata.

Untuk bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di sektor pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdaris) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada warga di Dusun Siwang, Negeri Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kegiatan yang berlangsung selama delapan hari sejak 28 September hingga 5 Oktober itu terfokus pada wisata Kampung Siwang.

Ketua Pokdaris, James Pattiani mengatakan Kampung Siwang memiliki potensi wisata yang mumpuni hingga perlu untuk dilakukan pelatihan pengembangan sumber daya manusia bagi warga yang terlibat langsung dalam pengelolaan pariwisata tersebut.

“Siwang dipilih menjadi lokasi kegiatan karena memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Kini Siwang menjadi destinasi wisata, perlu ditunjang dengan berbagai kegiatan atau sektor jasa yang bisa berdampak kepada perekonomian bagi masyarakat,” Terang Ketua Pokdaris kepada TribunAmbon.com, Kamis (01/10/2020).

Dia menerangkan, ada berbagai rangkaian pelatihan yang dilaksanakan selama PKM berlangsung. Mulai dari pemaparan materi pariwisata hingga hal-hal praktikal diajarkan kepada warga Dusun Siwang terutama kelompok anak muda.

Misalnya, di hari keempat kegiatan PKM ini, peserta kegiatan diberikan pelatihan bagaimana caranya membuat souvenir dan jajanan berbahan dasar pangan lokal.

Halaman
123
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved