Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Ketua KPU Maluku, Rifan Kubangun: Kesehatan dan Keselamatan Prinsip Utama Pilkada Serentak 2020

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menegaskan, kesehatan dan keselamatan merupakan prinsip utama Pilkada Serentak 2020.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menegaskan, kesehatan dan keselamatan merupakan prinsip utama dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, Kamis (20/09/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menegaskan, kesehatan dan keselamatan merupakan prinsip utama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Di mana akan dilakukan di empat Kabupaten yang tersebar di wilayah Provinsi Maluku.

“Penyelenggaraan pemilihan kali ini keselamatan dan kesehatan menjadi prinsip utama,” Kata Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada TribunAmbon.com, Kamis (10/09/2020).

Namun, lanjut dia, hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sepihak, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak termasuk penyelenggara negara, peserta Pilkada, para pemilih dan seluruh elemen masyarakat.

Dia menambahkan, untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat luas jelang Pilkada, dia menerangkan telah terlebih dahulu meminta para Calon Kepala Daerah (Calkada) untuk menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, Calkada harus menjadi contoh dalam pelaksanaan protokol kesehatan covid-19, mulai dari tahapan pendaftaran, kampanye hingga Pilkada Serentak yang nantinya akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Saat mengawali pendaftaran itu sudah kami terapkan bersama dengan peserta pemilihan, kampanye juga nanti dibatasi, pertemuan tatap muka dibatasi 50 orang, menjaga jarak. Kegiatan lain; rapat umum, yang tadinya 50 persen dari kapasitas lapangan Merdeka (misalnya), diubah atau dibatasi dengan 100 orang saja.

Pihaknya bekerja sama dengan jajaran kepolisian menghimbau bakal calon agar saling bantu mensosialisasikan penerapan prinsip-prinsip atau prosedur pencegahan covid-19 pada Pilkada 2020 mendatang.  

Selain itu, upaya pencegahan adanya kluster baru penyebaran covid-19 selama musim Pilkada, hampir seluruh penyelenggara juga menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugas di lapangan.

“Penyelenggara kita di khusus di Maluku yang hampir kurang lebih 800 orang di TPS melakukan verifikasi faktual di tiga Kabupaten, 1200 petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) telah melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit. Nah disiplin protokol kesehatan itu dipraktekan oleh seluruh penyelenggara kita,” Jelasnya.

Sementara itu, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di empat Kabupaten yang tersebar di Provinsi Maluku, yakni Kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru.

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved