Alami Sariawan saat Puasa? Berikut 5 Cara Mengatasinya Termasuk Hindari Makanan Ini

Seriawan atau sariawan yang muncul saat seseorang menjalankan puasa bisa terasa lebih menyakitkan.

wordpress.com
Sariawan 

TRIBUNAMBON.COM - Saat puasa mengalami sariawan? pasti lebih menyakitkan lantaran kondisi mulut yang kering saat tidak ada asupan minuman dan makanan.

Dilansir dari Kompas.com, kendati sariawan umumnya tidak berbahaya, namun sariawan bisa membuat penderitanya tak nyaman berbicara dan makan.

Melansir Gulf-Times, dokter gigi Ashly Shajumon dari Aster Medical Centre Al Rayyan Dubai menjelaskan, sariawan termasuk saat puasa bisa disebabkan banyak hal.

Penyebab sariawan paling umum adalah bagian dalam pipi atau lidah tidak sengaja tergigit saat makan atau berbicara, kebiasaan menggosok gigi terlalu keras, bisa juga karena gigi atau makanan terlalu tajam di mulut.

Sedangkan penyebab sariawan yang berulang bisa karena stres, perubahan hormon pada wanita menjelang menstruasi, faktor keturunan, dan alergi makanan tertentu.

Sementara penyakit penyebab sariawan bisa dipicu kebiasaan merokok, kekurangan vitamin B12 dan zat besi, penyakit seliaka, penyakit Crohn, serta penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh seperti HIV dan lupus.

Melansir Medical News Today, sariawan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu seminggu sampai 10 hari.

Bagi Anda yang tidak tahan dengan rasa nyeri akibat luka mungil di mulut, berikut beberapa cara mengatasi sariawan saat puasa:

1. Gunakan obat sariawan di luar jam puasa

Makan Mi Instan Saat Buka Puasa serta Sahur? Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Kapan Batas Waktu Salat Tarawih? Apakah Boleh Dikerjakan Setelah Tidur? Ini Penjelasannya

KUNCI JAWABAN Soal Matematika Operasi Hitung Bilangan SD 4-6, Belajar dari Rumah TVRI 4 Mei 2020

Gunakan obat sariawan khusus yang dijual di apotek dalam bentuk krim, salep, gel, ata cairan.

Halaman
1234
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved