Virus Corona di Ambon

Putus Rantai Covid-19, Desa di Maluku Tengah Isolasi Warga yang Baru Tiba dari Daerah Pandemi

Sejumlah desa di Kabupaten Maluku Tengah melakukan isolasi mandiri kepada warganya yang baru datang dari daerah pandemi.

Kontributor TribunAmbon.com, Insany
Warga di desa Maluku Tengah lakukan Isolasi mandiri. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Insany 

TRIBUNAMBON.COM - Sejumlah desa di Kabupaten Maluku Tengah melakukan isolasi mandiri kepada warganya yang baru datang dari daerah pandemi.

Hal ini untuk memutus rantai covid-19 dan memudahkan mendeteksi kondisi kesehatan mereka yang baru datang selama 14 hari  masa isolasi dilakukan. 

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang mengatakan meski telah ada maklumat Gubernur Maluku untuk pengawasan ketat di setiap pintu masuk ke Maluku, namun upaya isolasi mandiri oleh masyarakat patut diapresiasi.

Di antaranya yang dilakukan masyarakat di Maluku Tengah.

‘’Ini menarik diviralkan agar masyarakat membantu pemerintah mengisolasi mandiri warga mereka yang baru datang dari luar daerah, isolasi dulu baru berbaur dengan masyarakat,‘’ kata Kasrul. 

Terbukti Negatif COvid-19 setelah 17 hari diisolasi, akhirnya dua WNA asal Jepang dikeluarkan dari RSUD Haulussy Ambon
Terbukti Negatif COvid-19 setelah 17 hari diisolasi, akhirnya dua WNA asal Jepang dikeluarkan dari RSUD Haulussy Ambon (Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng)

Sejumlah Desa di Kabupaten Maluku Tengah seperti di Kecamatan Leihitu dan Kecamatan Pulau Haruku melakukan isolasi mandiri yang diinisiatif oleh perangkat desa.

‘’Menarik sekali misalnya di Negeri (Desa) Hitulama dan Hitumesing, pemerintah negerinya berinisiatif melakukan hal ini dan didukung warga setempat, padahal tidak ada perintah dari pemerintah kabupaten atau provinsi,’’ ungkap Kasrul, kepada Tribunambon via Whasapp, Jumat (03/04/2020). 

Kasrul menjelaskan, di Desa Pelauw Kecamatan Haruku dan Dua Desa di Leihitu yakni Hitulama dan Hitumesing membuat posko dengan menempati gedung sekolah yang kosong.

BREAKING NEWS: Jumlah Pasien Positif Corona 1.986 Orang Per 3 April 2020, 181 Meninggal, 134 Sembuh

Cara Mudah Nikmati Token Listrik Gratis Lewat WA & www.pln.co.id, Catat Hanya Pelanggan Bersubsidi!

Sesosok Mayat Wanita Ditemukan di Bekas Lokalisasi Tanjung Batu Merah Ambon

Lantaran penghuninya sedang belajar dari rumah dan jauh dari kawasan pemukiman.

Posko ini diperbantukan dengan tenaga medis dan petugas keamanan Koramil Desa serta dibantu relawan pemuda desa setempat. 

Hingga kini dari data Tim Gugus Tugas  Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, sejak 30 Maret sampai 3 April Maluku menerima 4.444 orang yang masuk dari Bandara Pattimura, dan Pelabuhan Yos Soedarso, Ambon.

Sebanyak 3.882  harus melakukan isolasi mandiri, sementara 562 di isolasi di Balai diklat yang sudah ditentukan, dari jumlah itu kini  tersisa 101 ODP  yang masih ada  di Balai Diklat ini. 

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved