Pedagang Masih Gunakan Tumpukan sebagai Timbangan, Disperindag Kota Ambon Lakukan Penertiban

Disperindag Kota Ambon sedang menunggu Perda perikanan sebelum nantinya menetapkan seluruh pedagang wajib menggunakan timbangan

Pedagang Masih Gunakan Tumpukan sebagai Timbangan, Disperindag Kota Ambon Lakukan Penertiban
Kontributor TribunAmbon.com/Helmy
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon melakukan penertiban timbangan 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon saat ini sedang menunggu Peraturan Daerah (Perda) perikanan sebelum nantinya menetapkan seluruh pedagang wajib menggunakan timbangan.

Kepala Dinas Perindag Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan perda perikanan ditunggu karena di dalamnya akan mengatur penggunaan timbangan pada penjualan ikan.

Pasalnya, di Kota Ambon saat ini banyak pedagang terutama yang menjual ikan masih menggunakan tumpukan sebagai alat ukur.

Mahasiswa PMII Geruduk Kantor Pelni Ambon, Tuntut Kacab Klarifikasi Kisruh di Pelabuhan Yos Sudarso

Padahal, dengan ditetapkan Kota Ambon sebagai salah satu Kita Tertib Ukur sudah seharusnya timbangan menjadi alat ujur yang digunakan pada setiap penjualan.

"Kita lagi menunggu perda perikanan untuk kita pakai timbangan pada penjualan ikan," paparnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis(5/3/20).

Menurutnya, penggunaan timbangan juga akan berpengaruh terhadap inflasi yang ada di Ambon. Yang secara otomatis mempengaruhi perhitungan nilai inflasi oleh petugas.

Dan saat ini, perda perikanan tersebut akuinya, masih menunggu persetujuan dari Pemerintah Provinsi sebelum nantinya di tetapkan.

"Karena ini dalam kaitan dengan inflasi kalau perda sudah di setujui oleh pemrov maka akan berlaku untuk semua penjualan bisa menggunakan timbangan," tuturnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon melakukan penertiban timbangan
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon melakukan penertiban timbangan (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy)

Sementara itu, lanjutnya, berkaitan dengan timbangan, tahun 2020 Kota Ambon sendiri diberikan bantuan oleh Kementerian Perdagangan sebanyak 200 timbangan.

Halaman
12
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved