Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Kemenag Imbau Lakukan Salat Gerhana & Simak Cara Aman Melihatnya

Imbauan salat gerhana matahari dikeluarkan Kemenag saat terjadinya fenomena gerhana matahari cincin yang dapat disaksikan di Indonesia, hari ini.

NASA
Imbauan salat gerhana matahari dikeluarkan Kemenag saat terjadinya fenomena gerhana matahari cincin yang dapat disaksikan di Indonesia, hari ini. 

TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Agama Republik Indonesia mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melakukan salat gerhana matahari.

Imbauan salat gerhana matahari ini dikeluarkan menyusul akan terjadinya fenomena gerhana matahari cincin yang dapat disaksikan di Indonesia, Kamis (26/12/2019).

Selain tersebar di media sosial seperti Facebook dan Youtube, informasi mengenai gerhana matahari cincin telah diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), baik melalui akun media sosial Twitter ataupun laman resminya.

Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Simak Jadwal di 25 Wilayah yang Bisa Menyaksikan Secara Langsung!

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (23/12/2019), Kepala Seksi Humas Kementerian Agama, Khoiron D membenarkan adanya imbauan shalat gerhana matahari tersebut.

Imbauan ini juga tertuang dalam siaran pers yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana matahari ini,” demikian Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi sebagaimana tertulis dalam keterangan yang diterima Kompas.com (23/12/2019).

“Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf,” lanjut dia.

Menurut Tarmizi, pelaksanaan shalat gerhana menyesuaikan dengan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing.

Awal gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 10.34 WIB, puncak gerhana pada pukul 12.17 WIB, dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB. Kementerian Agama juga menjelaskan tata cara shalat gerhana matahari.

BMKG Sebut Ibu Kota Jakarta Dapat Menyaksikan Gerhana Matahari Parsial Esok Hari

Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dengan dua rakaat dengan rangkaian sebagai berikut:

Halaman
1234
Penulis: sinatrya tyas puspita
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved