Gempa Susulan Bermagnitudo 5.2 SR, Warga Diimbau Tak Percayai Hoaks Tsunami

Gempa Susulan Bermagnitudo 5.2 SR, Warga Diimbau Tak Percayai Hoaks Tsunami

Gempa Susulan Bermagnitudo 5.2 SR, Warga Diimbau Tak Percayai Hoaks Tsunami
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Gempa Susulan Bermagnitudo 5.2 SR, Warga Diimbau Tak Percayai Hoaks Tsunami 

TRIBUNAMBON.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon mengimbau warga Kota Ambon dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan berbagai isu hoaks yang berhembus pasca-gempa magnitudo 5,2, Kamis (10/10/2019).

“Gempa yang barusan terjadi siang tadi tidak berpotensi tsunami, sehingga warga jangan sampai terpengaruh dengan isu hoaks,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rudni kepada Kompas.com, Kamis.

Andi juga mengimbau agar warga tidak perlu panik secara berlebihan karena justru akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Banyak yang terluka, terjadi kecelakaan bahkan meninggal dunia itu karena panik. Jadi sekali lagi jangan sampai panik sehingga tidak konsentrasi,” katanya.

Polri Kunjungi dan Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Ambon, Jokowi Dikabarkan Segera Berkunjung

Dia menjelaskan, gempa beruntun yang terjadi siang tadi, jika dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Jika dilihat dasil hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Ambon dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar atau strike slip fault,” jelasnya.  

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler mengimbau agar warga lebih peka terhadap evakuasi mandiri saat gempa terjadi.

“Saya imbau kepada warga bahwa evakuasi mandiri itu semua harus paham,” katanya.

Dia mengatakan, saat gempa terjadi, warga tidak harus panik dan sebaiknya mencari tempat perlindungan yang aman.

Jika ada warga yang berada di dalam rumah atau gedung yang membutuhkan waktu lama untuk bisa keluar, maka sebaiknya mencari tempat berlindung yang kuat.

Panik Gempa Ambon, Seorang Pelajar Tewas Setelah Loncat dari Lantai 2

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved