Breaking News:

Festival Tunas Bahasa Ibu

Persiapan Peserta Kabupaten Buru Menuju Puncak FTBI Tingkat Provinsi

Kabupaten Buru adalah kabupaten yang kedua menyelenggarakan FTBI tingkat kabupaten. Bagaimanakah persiapan seluruh peserta dalam menyongsong puncak FT

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Kantor Bahasa Maluku
FTBI: Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi asal Kabupaten Buru. 

TRIBUNAMBON.COM - Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI) tingkat provinsi sudah di depan mata, lalu bagaimanakah persiapan dari tiga kabupaten yang akan mengikutinya? Mari kita ulas lebih dalam.

Seluruh peserta FTBI tingkat provinsi yang berasal dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar sudah tiba di Kota Ambon.

Total 36 peserta yang mewakili kabupaten masing-masing untuk mengikuti FTBI tingkat provinsi yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Total 36 peserta ini merupakan perwakilan yang terbaik dari tiga kabupaten.

Tidak tanggung-tanggung, perwakilan yang diberangkatkan adalah pemenang pertama dari setiap mata lomba yang dipertandingkan saat FTBI tingkat kabupaten kemarin.

Terdapat enam mata lomba yang dipertandingkan saat FTBI tingkat kabupaten itu, yakni Menulis dan Membaca Puisi, Mendongeng, Menyanyi, Lawakan Tunggal/Stand Up Comedy, Menulis Cerpen, dan Berpidato.

Kabupaten Buru adalah kabupaten yang kedua menyelenggarakan FTBI tingkat kabupaten. Bagaimanakah persiapan seluruh peserta dalam menyongsong puncak FTBI tingkat provinsi?

Rombongan dari Kabupaten Buru tiba di Ambon pada Senin, 28 November 2022. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Dahlan Kabau, S.Pd. melepas secara resmi keberangkatan rombongan tersebut menuju Ambon.

Pelepasan ini dilakukan tepatnya di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Buru.

Turut hadir saat pelepasan itu adalah pejabat dan seluruh staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, para kepala sekolah, dan orang tua dari seluruh peserta.

Rombongan dari Buru tersebut terdiri atas seluruh peserta yang berjumlah 12 orang, seluruh guru pendamping, dan duta bahasa yang selama ini ditugaskan di sana. Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru benar-benar nyata dan dirasakan oleh seluruh pihak selama pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Buru ini berlangsung.

Seluruh peserta yang akan mengikuti FTBI tingkat provinsi yang mewakili Kabupaten Buru berkesempatan audiensi dengan Penjabat Bupati Kabupaten Buru, Djalaludin Salampessy sebelum berangkat ke Ambon.

Audiensi tersebut dilaksanakan pada Jumat, 11 November 2022 dan dihadiri oleh Pelaksana Harian (plh.) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Drs. Arman Buton, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Je Tan, seluruh guru pendamping, para kepala sekolah, dan duta bahasa yang ditugaskan selama ini di Kabupaten Buru.

Di dalam audiensi tersebut, Djalaludin Salampessy berpesan kepada seluruh peserta agar bahasa Buru tetap dilestarikan, sehingga bahasa Buru bisa dikenal di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, beliau juga berharap agar anak-anak yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Buru tersebut terus berprestasi. Berprestati tidak hanya di bidang bahasa, melainkan di bidang-bidang lainnya juga.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved