Breaking News:

Piala Dunia 2022

Fans Meksiko: Dengan Persoalan Ekonomi dan Keamanan di Negara Mereka, Sepak Bola Adalah Pereda Stres

Keluar dengan sombrero, topi jerami, topeng Lucha Libre, dan sepatu Mariachi, ribuan penggemar berat El Tri meninggalkan jejak mereka tidak hanya di s

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / IG Fifa World Cup
PIALA DUNIA: Argentina Vs Meksiko 

DOHA, TRIBUNAMBON.COM – Tim Meksiko bukanlah favorit di Piala Dunia tahun ini, namun hal itu tampaknya tidak menjadi masalah bagi para penggemarnya.

“Kami bermimpi dengan sepak bola, kami makan dengan sepak bola,” kata Omar Soriano, 32, yang berasal dari Toluco, Meksiko.

“Di sini kita semua bersatu untuk mendukung tim nasional, itulah yang dibutuhkan para pemain kita. Untuk mengetahui bahwa kita mendukung mereka," sambungnya.

Keluar dengan sombrero, topi jerami, topeng Lucha Libre, dan sepatu Mariachi, ribuan penggemar berat El Tri meninggalkan jejak mereka tidak hanya di stadion Lusail, tetapi di seluruh Doha.

Beberapa wajah mereka dicat dengan "La Catrina", gambar kerangka yang mewakili apa yang telah menjadi simbol salah satu festival paling terkenal di Meksiko yang dikenal sebagai parade Hari Orang Mati.

“Sepak bola adalah pereda stres bagi orang Meksiko di rumah. Kaya, miskin, pria atau wanita, sepak bola menyatukan kita,” kata Soriano kepada Al Jazeera.

Di pasar Souq Waqif yang terkenal, sudah menjadi rutinitas untuk melihat ratusan penggemar Meksiko bernyanyi dan menari, saat penonton menyemangati mereka dan ikut bersenang-senang, pemandangan serupa disaksikan di stadion hari ini.

Soriano menjelaskan bahwa orang-orang Meksiko sangat ingin "seluruh dunia" mengalami dan mengkomunikasikan budaya mereka sendiri.

Baca juga: Polandia Kalahkan Arab Saudi dengan Skor 2-0, Robert Lewandowski Cetak Gol Piala Dunia Pertamanya

“Kita bangsa yang sangat majemuk dengan banyak etnis… kita sangat bangga dengan budaya kita,” katanya. “Di rumah Anda tidak akan melihat kami mengenakan semua pakaian lokal ini. Tapi di sini, kami ingin mempromosikan siapa orang Meksiko itu. Kami ingin menjadi duta.”

Abel Costa, 61, mengatakan seperti yang dilansir Al Jazeera bahwa lolos dari babak grup akan menjadi kemenangan besar bagi Meksiko dan memberikan dorongan bagi negara yang menghadapi masalah ekonomi dan keamanan yang sulit.

“Orang-orang di kampung halaman memiliki sangat sedikit. Ada banyak kemiskinan dan kekerasan. Orang-orang hanya berusaha membuatnya satu per satu,” kata Costa, yang melakukan perjalanan ke Doha bersama beberapa anggota keluarganya yang laki-laki.

“Sepakbola mengalihkan pikiran mereka dari semua masalah yang mereka miliki,” katanya, menambahkan bahwa jika Meksiko memenangkan pertandingan di turnamen, “itu akan menjadi pesta besar di jalanan.”

Pada Sabtu malam, Meksiko menghadapi Argentina, tim yang belum pernah dikalahkannya di turnamen Piala Dunia. Tetapi bagi para penggemar, fakta ini tidak penting.

“Tekanan ada di Argentina. Mereka membutuhkan yang ini lebih dari kami… ya, kami harus benar-benar menang tetapi mereka lebih gugup,” kata Costa.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved