Breaking News:

Universitas Terbuka Resmi Beralih Status Jadi PTN-BH, Ini Keunggulannya

Universitas Terbuka ( UT ) resmi menyandang status PTN-BH berdasarkan Peraturan Pemerintah yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi 20 Oktober lalu

Ist
Universitas Terbuka Resmi Beralih Status Jadi PTN-BH, Ini Keunggulannya 

TRIBUNAMBON.COM -- Universitas Terbuka ( UT ) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ( PTN-BH ) berdasarkan Peraturan Pemerintah yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi 20 Oktober lalu.

Dengan status PTN-BH tersebut akan mempermudah UT untuk membuka program studi baru yang dibutuhkan masyarakat.

Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat menyatakan dengan perubahan status tersebut, maka diharapkan UT menjadi lebih lincah dan dapat beradaptasi dengan perubahan zaman..

Ia pun memastikan biaya kuliah tetap terjangkau meski saat ini sudah menyandang status Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Berbadan Hukum (BH).

“Kami berkeinginan agar UT dapat menjadi University of the People, yang dapat diakses oleh masyarakat baik yang mampu secara ekonomi maupun yang tidak mampu secara ekonomi,” ujar Ojat.

Direktur UT Ambon Adrianto juga memastikan, dengan perubahan status menjadi PTN-BH ini akan memacu kinerja seluruh staf untuk terus melayani dan memberikan yang terbaik kepada mahasiswa.

"UT berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa yang tersebar di berbagai daerah di provinsi Maluku. Ini bukanlah tanggungjawab yang mudah dan menjadi motivasi bagi UT Ambon untuk terus memberikan pelayanan terbaik, " ucap Adrianto.

Dengan peralihan status ini, UT Ambon juga menargetkan peningkatan jumlah mahasiswa baru pada periode berikutnya.

" UT Ambon baru saja menggelar seminar akademik dan wisuda daerah kepada 200 wisudawan/ti adalah salah satu bentuk komitmen UT Ambon untuk terus berupaya dalam meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat di kepulauan Maluku.dengan beralihnya status menjadi PTN-BH, kami akan berupaya meningkatkan jumlah mahasiswa, " tegasnya.

Dijelaskan, PTN-BH sendiri merupakan level tertinggi dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Dimana data terbaru, hanya ada 21 perguruan tinggi yang telah berstatus PTN-BH termasuk UT.

Dengan status PTN-BH, sebuah perguruan tinggi dapat memiliki otonomi penuh untuk mengelolah organisasinya sendiri sehingga bisa lebih cepat berkembang, misalnya untuk membuka program studi baru ataupun menutup program studi.

Selain itu, perguruan tinggi dengan status PTN-BH bisa dengan leluasa mengelola keuangan dan sumber daya yang dimiliki termasuk dosen dan tenaga pendidik.

Diketahui, untuk merayakan keberhasilan tersebut, UT menyelenggarakan Tasyakuran UT PTN-BH di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Kegiatan yang dilakukan secara luring dan daring ini di ikuti oleh seluruh pagawai UT baik yang di pusat maupuan di daerah.

Perayaan tasyakuran ini diawali dengan upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 94 (28/10/2022).

Rasa syukur ini di tandai dengan pemotong tumpeng oleh direktur UT Ambon dan selanjutnya bagikan kepada para Koordinator dan Staf. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved