Breaking News:

Bantuan Sosial

3 Bansos Ini Bakal Disalurkan kepada Anak Yatim, Lansia, dan Penyandang Disabilitas Desember 2022

Tiga jenis Bansos itu akan diberikan kepada anak yatim piatu, orang lanjut usia (lansia) tunggal, dan penyandang disabilitas. 

Editor: Adjeng Hatalea
KOMPAS.com/NURWAHIDAH
ILUSTRASI UANG: Setidaknya terdapat tiga Bantuan Sosial (Bansos) yang akan disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) pada Desember 2022 mendatang. 

TRIBUNAMBON.COM -  Setidaknya terdapat tiga Bantuan Sosial ( Bansos) yang akan disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) pada Desember 2022 mendatang.

Tiga jenis Bansos itu akan diberikan kepada anak yatim piatu, orang lanjut usia (lansia) tunggal, dan penyandang disabilitas

Diketahui Kemensos telah menerima anggaran tambahan sebesar lebih dari Rp 400 miliar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Lantas, berapa besaran bansos yang akan diberikan pada anak yatim piatu, lansia, serta penyandang disabilitas tersebut?

Tiga bansos akan diberikan Desember 2022

1. Bansos anak yatim piatu

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan, target penerima bansos anak yatim piatu yakni 948.863 orang.

Bansos anak yatim piatu akan diberikan pada Desember 2022 dengan jumlah Rp 200.000 per anak.

"Itu akan dipergunakan untuk di bulan Desember, kami akan menyerahkan kurang lebih sekitar targetnya anak yatim piatu itu 946.863 anak, per anak Rp 200.000 per bulan," jelasnya.

2. Bansos lansia tunggal

Lebih lanjut Risma menyatakan, Kemensos juga telah mengusulkan agar lansia tunggal yang berusia di atas 80 tahun mendapat bansos.

Baca juga: Hari Kedua Kunker di Maluku, Presiden Jokowi Akan Bagikan Bansos hingga Bertemu Peternak Kerbau

Bantuan ini rencananya akan mulai diberikan pada Desember 2022 dengan target penerima direncanakan 334.011 orang lansia Ia menjelaskan, bagi lansia tunggal berusia atas 80 tahun, khususnya yang tidak mempunyai keluarga yang dapat merawat bantuan, maka bantuan akan dititipkan melalui RT ataupun RW setempat.

Besaran bansos bagi lansia tunggal yakni Rp 21.000 per hari.

3. Bansos penyandang disabilitas

Penyandang disabilitas juga akan mendapatkan bansos Rp 21.000 per hari pada Desember 2022. Adapun target penerima bansos penyandang disabilitas yakni 98.934 orang.

"Jadi nilainya per harinya Rp 21.000 untuk sesuai dengan jumlah harinya. Jadi kalau yang lansia tunggal itu 31 hari (satu bulan), kemudian penyandang disabilitas 31 hari (satu bulan)," tandasnya.(*)

 

(Kompas.com / Dandy Bayu Bramasta / Inten Esti Pratiwi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved