Breaking News:

Maluku Terkini

Hadiri Rakernas Dekranas 2022, Widya Murad Minta Tingkatkan Pembinaan Pengrajin

Dekranasda Maluku, katanya, harus terus membina dan mengembangkan produk kerajinan Indonesia yang berkualitas sebagai jati diri bangsa.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Pemprov Maluku
MALUKU: Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas 2022. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

TRIBUNAMBON.COM - Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas 2022.

Rakernas dibuka langsung, Ketua Umum (Ketum) Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin mengatakan Rakernas ini harus jadi momentum kebangkitan kembali industri kerajinan nusantara yang berbasis warisan budaya bangsa.

Dekranasda Maluku, katanya, harus terus membina dan mengembangkan produk kerajinan Indonesia yang berkualitas sebagai jati diri bangsa.

“Perlu dilakukan fasilitasi dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saingnya,” kata Wury di Istana Wakil Presiden, Auditorium Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Jakarta, Selasa, (20/09/2022).

Lanjutnya, Rakernas harus mampu menyusun program yang menjawab masalah tiap daerah.

“Saya berharap Rakernas dapat menyusun program-program yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang saya sampaikan di atas dan pada akhirnya dapat mewujudkan peningkatan daya saing produk kriya dan kesejahteraan perajinnya,” tambahnya.

Lebih jauh, Wury menggaris bawahi, dalam merumuskan solusi, hendaknya didukung dengan terobosan dan ide kreatif untuk meningkatkan daya saing, sehingga perajin dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan bersaing di pasar global.

“Marilah kita jadikan pelaksanaan Rakernas ini sebagai langkah penting dan pijakan bagi organisasi dalam bekerja mengembangkan kerajinan lokal di tengah upaya kita semua berjuang dan bangkit dari pandemi,” imbaunya.

Menurut Wury, Rakernas yang mengusung tema “Semangat Bertahan, Rajin Berdaya Saing”, memiliki arti yang menunjukan semangat para perajin untuk terus berkarya dan meningkatkan daya saing di saat pandemi Covid-19 yang menghantam sendi-sendi perekonomian seluruh bangsa di dunia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved