Breaking News:

Pemilu 2024

PDI Perjuangan Maluku Gelar Rakerda, Ini yang Dibahas

Mindo Sianipar mengatakan, Rakerda PDI Perjuangan Maluku membahasa isu tindak lanjut rekomendasi internal komisi tentang pemenangan Pemilu 2024 mendat

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
MALUKU: Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi, Mindo Sianipar didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Maluku, Benhur G. Watubun memberikan keterangan pers terkait pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Provinsi Maluku di Pasific Hotel, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi, Mindo Sianipar membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Maluku di Pasific Hotel, Jalan Cendrawasih, Rijali, Sirimau, Kota Ambon, Selasa (30/8/2022).

Mindo Sianipar mengatakan, Rakerda PDI Perjuangan Maluku membahasa isu tindak lanjut rekomendasi internal komisi tentang pemenangan Pemilu 2024 mendatang.

Yang mana, sesuai Rakernas II PDI Perjuangan, telah menetapkan strategi dan kebijakan pemenangan elektoral terpimpin berbasis gotong royong yang bertumpu pada kekuatan mesin partai, yang segera ditetapkan dalam peraturan partai.

"Jadi ada poin-poin yang kita bahas pada Rakerda ini yakni dengan menindaklanjuti hasil rakernas II PDI Perjuangan," kata Mindo.

Ia mengaku, Rakernas II partai juga merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan
wakil kepala daerah Partai.

Baca juga: 3 Kriteria Calon Presiden 2024 dari PDI-P Versi Puan Maharani

Penyempurnaan kualitas kader dilakukan melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di sekolah partai, dan penugasan kader partai.

"Nah, atas dasar hal tersebut, maka proses penjaringan, penyaringan dan penetapan daftar calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada bulan Agustus 2022. Ini yang juga perlu disampaikan untuk kader PDI Perjuangan di Maluku," terangnya.

MALUKU: Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi, Mindo Sianipar didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Maluku, Benhur G. Watubun memberikan keterangan pers terkait pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Provinsi  Maluku di Pasific Hotel, Selasa (30/8/2022).
MALUKU: Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi, Mindo Sianipar didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Maluku, Benhur G. Watubun memberikan keterangan pers terkait pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Provinsi Maluku di Pasific Hotel, Selasa (30/8/2022). (TribunAmbon.com/Mesya)

Kemudian, menyangkut hal-hal yang bersifat teknis yang terkait dengan jadwal dan tahapan Pemilihan Umum, Mindo menjelaskan, telah disepakati secara bersama- sama dalam sidang- sidang Divisi Pemenangan Pemilu (Komisi I) di antaranya ;

  1. Berkomitmen kuat untuk memastikan bahwa pendaftaran dan verifikasi Partai Politik serta penetapan PDI Perjuangan sebagai peserta Pemilu untuk dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebagaimana perintah Ketua Umum bahwa secara bersama-sama berkomitmen untuk mendaftarkan PDI Perjuangan dalam pendaftaran Partai Politik sebagai peserta Pemilu pada tanggal 1 Agustus 2022 dan akan berusaha keras untuk menjadi Partai yang pertama kali memenuhi syarat ditetapkan sebagai Partai Politik peserta Pemilu 2024.
  2. Berkomitmen untuk mengawal secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab tentang pembentukan penyelenggara pemilu di tingkat provinsi dan kab/kota tentang pembentukan badan-badan ad hock penyelenggara Pemilu yang akan dilaksanakan mulai 14 Oktober 2022-13 Februari 2024.
  3. Berkomitmen mengawal secara sungguh-sungguh pengawalan dan penyusunan Daftar pemilih agar menghasilkan Daftar pemilih yang akurat.
  4. Melakukan simulasi penetapan jumlah kursi dan daerah pemilihan yang manfaat bagi penguatan penambahan suara dan kursi PDI Perjuangan di setiap kab/kota.
  5. Memastikan pencalonan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/Kota tidak mengalami masalah-masalah yang berarti, dan akan dilakukan secara tertib
  6. Kampanye akan mengikuti sebagaimana Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, sesuai perintah Ketua Umum pasca Rakernas secara bersama-sama Partai akan melakukan soft campaigne yang akan dilakukan sebelum masa kampanye resmi dilakukan mulai 28 November 2023 - 10 Februari 2024
  7. Mengawal secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab segenap proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil suara.
  8. Mengawal secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab kemungkinan terjadinya upaya hukum ke Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Diketahui, Rakerda yang sekaligus rapat koordinasi fraksi PDI Perjuangan se-Maluku itu hadir diantaranya Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku, Benhur G Watubun, Bendahara DPD PDI Perjuangan Lucky Wattimury, pengurus DPD hingga utusan 11 DPC PDIP kabupaten/kota di Maluku.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved