Breaking News:

Ambon Terkini

Belum Ditemukan Kasus Cacar Monyet di Ambon, Wendy Pelupessy; Kami Tetap Antisipasi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, langkah itu diambil menyikapi kasus terkonfirmasi yang ditemukan di Indonesia

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
(Shutterstock)
ILUSTRASI CACAR MONYET: Meski belum ditemukan kasus Cacar Monyet di Ambon, namun pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar sosialisasikan terkait pencegahannya, Senin (22/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Meski belum ditemukan kasus Cacar Monyet di Ambon, namun pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar sosialisasikan terkait pencegahannya, Senin (22/8/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, langkah itu diambil menyikapi kasus terkonfirmasi yang ditemukan di Indonesia Sabtu (20/8/2022) kemarin.

Kementerian Kesehatan RI telah mengonfirmasi penemuan satu kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia, Sabtu (20/8/2022). 

“Untuk di Kota Ambon kalau sekarang belum ada kasus Cacar Monyet. Tapi sosialisasi tetap kita lakukan” kata Wendy Pelupessy kepada wartawan.

AMBON: Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy saat diwawancarai terkait antisipasi penyebaran cacar monyet di Kota Ambon, Senin (22/8/2022).
AMBON: Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy saat diwawancarai terkait antisipasi penyebaran cacar monyet di Kota Ambon, Senin (22/8/2022). (TribunAmbon.com/Mesya)

Dia menuturkan, proses sosialisasi dilakukan melalui berbagai media, termasuk puskesmas-puskesmas terdekat, maupun melalui sosial media.

"Sosialisasi ini kan nanti lewat puskesmas, bisa juga lewat media-media sosial,” ungkapnya.

Wendy pun meminta, jika ada masyarakat yang mengalami gejala Cacar Monyet, harus tetap tenang dan segera melapor ke Puskesmas terdekat.

Tentu dengan laporan itu, Dinkes akan segera melakukan penanganan.

"Masyarakat harus tetap waspada, kalau misalnya ditemukan tanda dan gejala seperti yang ada secepatnya ke fasilitas kesehatan terdekat," pintanya.

Baca juga: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Wendy Pelupessy; Kita akan Deteksi Lewat Puskemas

Diketahui, Kementerian Kesehatan RI telah mengonfirmasi penemuan satu kasus cacar monyet atau monkeypox pada Sabtu (20/8/2022). 

Penemuan kasus monkeypox tersebut dialami oleh seorang pria berusia 27 tahun yang berasal dari Jakarta. 

Cacar monyet sendiri ditularkan dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Berikut gejala dan tanda cacar monyet pada manusia yang dikutip dari b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id.

  • Sakit kepala
  • Demam akut >38,5oC
  • Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
  • Nyeri otot/Myalgia
  • Sakit punggung
  • Asthenia (kelemahan tubuh)
  • Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh.(*)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved