Breaking News:

Maluku Terkini

Warga Apui Minta Pemkab Malteng Atasi Banjir dengan Perlebar Drainase

Untuk mengatasi persoalan banjir itu, Pemkab Malteng diminta memperlebar sejumlah drainase yang ada disisi kiri dan kanan jalan di kompleks setempat.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
Lukman
Sejumlah kawasan di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan sejak pagi tadi, Minggu (17/7/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Warga Apui, Kelurahan Ampera, Kecamatan Kota Masohi, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) mengatasi persoalan banjir yang kerap menggenangi pemukiman di kawasan itu.

Untuk mengatasi persoalan banjir itu, Pemkab Malteng diminta memperlebar sejumlah drainase yang ada disisi kiri dan kanan jalan di kompleks setempat.

Sebab, saat ini drainase yang ada di kawasan itu dinilai terlalu sempit, sehingga tidak mampu menampung debit air, terutama di musim penghujan dengan intensitas tinggi.

Alhasil, air meluap hingga menutupi badan jalan, dan masuk ke rumah-rumah warga.

"Kalau bisa Pemda perlebar drainase, karena yang ada ini terlalu kecil. Tidak mampu manampung debit air disini, karena terlalu banyak," kata Saiful, salah satu warga saat ditemui TribunAmbon.com di Rumahnya, Jalan Mujair, Kompleks Apui, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Cegah Tergenang Banjir, Puluhan Santri di Masohi Gotong Royong Bersihkan Selokan Tersumbat

Alsannya kata dia, setiap kali musim penghujan, banjir selalu menjadi langganan puluhan rumah di kawasan setempat.

"Kami di sini langgaan (banjir). Setiap kali hujan tetap banjir, masa Pemda tidak ada solusi untuk ini,"tanya dia.

Selain itu, lanjut dia, selokan besar yang mengaliri kawasan setempat hingga ke pantai juga tidak mampu menampung debit air apabila hujan deras mengguyur kota itu seharian penuh.

"Kalau hujan saty hari full, got-got yang ada ini seng mampu makannya air meluap ke luar sampe ke rumah rumah,"jelas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa banjir akibat hujan deras yang mengguyur kota Masohi sejak Sabtu hingga Minggu kemarin, air menggenagi sejumlah titik di Kota itu, termasuk kawasan Kompleks Apui, dan sekitarnya hingga masuk ke rumah rumah warga.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved