Breaking News:

Ambon Terkini

Rustam Latupono Usul Anggaran Penanganan Dampak Bencana di Ambon Bisa Pakai APBD

Hal itu disampaikan Latupono saat meninjau lokasi terdampak bencana di kawasan Skip, IAIN, dan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, bersama Pemerintah Kota

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Koordinator Komisi I DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono meminta penanganan korban terdampak bencana pakai dana APBD, Rabu (13/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Koordinator Komisi I DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengusulkan penanganan bagi lokasi terdampak bencana harus dilakukan secepatnya.

Dia menyebutkan, penanganan dapat dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD) yang tersedia saat ini.

Hal itu disampaikan Latupono saat meninjau lokasi terdampak bencana di kawasan Skip, IAIN, dan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Semoga dengan postur APBD yang ada sebagian anggaran akan kita sisipkan untuk penangnan pasca bencana,” kata Rustam Latupono disela-sela peninjauan berlangsung, Rabu (13/7/2022).

Berdasarkan hasil peninjauan lokasi terdampak bencana, terdapat beberapa rumah warga yang tertimbun longsor maupun ambruk.

Baca juga: Tinjau Lokasi Terdampak Bencana, Wakil Rakyat; Bentuk Kepedulian Pemerintah

Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon itu mengungkapkan, ada yang namanya bantuan belanja tidak terduga yang dianggarkan dalam APBD setiap tahunnya.

Pemkot Ambon bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk menangani korban bencana.

“Untuk langkah daruratnya kita pakai dulu APBD yang ada, nanti setelah ini kita rapat untuk menentukan berapa besar anggaran yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Pantauan TribunAmbon.com di lokasi, beberapa rumah warga di kawasan Skip tertimpa longsor.

Ada satu unit rumah yang ambruk dan hanya sekitar 40 persen dari keseluruhan bangunan yang masih utuh.

Sama halnya di kawasan IAIN yang juga mengalami longsor, sejumlah pepohonan juga mulai goyang sehingga berpotensi tumbang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved