Breaking News:

Ambon Hari Ini

Kota Ambon Tidak Ramah Penyandang Disabilitas

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyatakan kondisi kota ini sangat tidak ramah bagi penyandang disabilitas.

TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Halaman Belakang Kantor Balai Kota Ambon, Sabtu (20/6/2022). Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengakui masih minim akses bagi penyandang disabilitas. 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyatakan kondisi kota ini sangat tidak ramah bagi penyandang disabilitas.

Pasalnya kata dia, Gedung Balai Kota saja masih minim fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Apalagi ditambah dengan rusaknya lift satu-satunya milik gedung perkantoran pemerintah kota ini selama beberapa bulan terakhir.

Hal itu dapat mempersulit kaum difabel untuk mengunjungi pemerintah yang berada di lantai atas.

“Saya tadi cukup marah karena lift kita ini rusak bagimana kalau kaum disabilitas mau datang ke Pemkot kalau liftnya rusak dan kalau jalan dari lantai 1 mereka harus di gendong,” kata Wattimena di Balai Kota Ambon, Senin (20/6/2022)

Baca juga: Cerita Srikandi DPRD Kota Ambon Elly Toisuta Sering Terima Surat Cinta dari Warga

Baca juga: Gafar Lestaluhu jadi Pelatih, Jong Ambon FC Langsung Yakin Juara Liga 3 Maluku

Menurutnya, pemerintah seharusnya menjadi contoh kesemerataan pelayanan.

"Pemerintah Kota Ambon harus menyediakan akses cukup untuk kaum disabilitas di mana-mana sudah di disiapkan seperti hotel ada jalan khusus untuk kursi roda dan sebagainya itu bentuk perhatian kita untuk kaum disabilitas bagimana kita mau bicara yang lain sementara kaum disabilitas saja kita tidak mampu untuk menyiapkan fasiltas kepada mereka,” jelasnya.

Lanjutnya, ini jadi tugas yang harus segera diperbaiki oleh pemerintah.

“Ini menjadi perhatian kita apalagi di kantor pemerintah kita harus menjadi contoh bagimana kita mengajak kantor kantor yang lain swasta dan lain lain untuk jalankan akses yang cukup sementara kita disini Pemkot saja belum mampu sediakan itu. Ini harus di perbaiki,” tandasnya.

Wattimena pun mengharapkan, fasilitas bagi penyandang disabilitas bisa diperbanyak, tak hanya di Balai Kota namun juga di tempat pelayanan publik lainnya di Ambon.

“Pemerintah Kota harus menyediakan akses cukup untuk kaum disabilitas dimana-mana sudah di disiapkan seperti hotel ada jalan khusus untuk kursi roda dan sebagainya itu bentuk perhatian kita untuk kaum Disabilitas bagimana kita mau bicara yang lain sementara kaum disabilitas saja kita tidak mampu untuk menyiapkan fasiltas kepada mereka,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved