Breaking News:

Lumbung Ikan Nasional

BREAKING NEWS: Proyek LIN Batal, Alasannya Ada Gunung Berapi Aktif di Dasar Laut Lokasi Pembangunan

Proyek pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP) dibatalkan.

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo meminta jajarannya menyiapkan SDM Handal untuk Wujudkan Lumbung Ikan Nasional di Maluku, Minggu (30/08/2020) lalu. Sayangnya, Proyek pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP) dibatalkan. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Proyek pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP) dibatalkan.

Kabar ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kepada 8 wakil rakyat daerah Maluku.

Anggota DPD RI Dapil Maluku, Ana Latuconsina mengungkapkan, alasan dibatalkan pembangunan dua mega proyek itu karena terdapat gunung berapi aktif di dasar laut.

“Betapa terkejutnya kami saat mendengar pernyataan Menko LBP bahwa ANP maupun LIN tidak jadi dibangun pada lokasi yang direncanakan di Pulau Ambon, dengan alasan terdapat gunung berapi aktif dan di dasar laut,” kata Latuconsina melalui rilis yang diterima TribunAmbon.com, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Siaran TV Analog di Maluku akan Dimatikan Bulan Depan, Segera Beralih ke Digital

Selain terdapat gunung berapi aktif, berdasarkan hasil penelitian juga membuktikan bahwa terdapat benda-benda bekas peninggalan perang dunia II.

Yang tentunya lanjut dia, akan berpengaruh jika proyek itu tetap dibangun.

“Di rencana lokasi pembangunan juga terdapat penyebaran ranjau-ranjau dari sisa perang dunia II dan itu yang menjadi alasan lahan tersebut tidak bisa digunakan,” tandasnya.

Padahal sebelumnya, LIN dan ANP telah digadang-gadang bakal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dalam mensejahterakan masyarakat Maluku. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved