Breaking News:

Maluku Terkini

Pengantin Pria di Maluku Ditangkap Polisi setelah Akad, Ternyata Jual Motor Rental tuk Biaya Nikah

Pria berusia 22 tahun ini ditangkap di Kota Ambon saat sedang melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Baguala.

Polres Pulau Buru
Kasman, seorang pemuda asal Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Maluku yang membawa kabur sepeda motor warga ditangkap polisi, Selasa (8/2/2022). 

TRIBUNAMBON.COM - Kasman, seorang pemuda asal Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Maluku, diringkus polisi lantaran terlibat kasus penipuan dengan membawa kabur sejumlah sepeda motor milik warga.

Pria berusia 22 tahun ini ditangkap di Kota Ambon saat sedang melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Baguala pada Selasa (8/2/2022).

Awalnya, tim Marsegu Polres Pulau Buru mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan tersangka di Kota Ambon. Akhirnya, tim dari Polres Pulau Buru berangkat ke Kota Ambon untuk menangkap tersangka.

Baca juga: Ayah Pemerkosa 2 Anak Kandung di Buru Selatan Menyerahkan Diri, Setelah Kabur Hampir Sebulan

Baca juga: Persembahan Stane Latumahina Tuk Sang Musisi Legendaris Maluku Zeth

Penangkapan terhadap tersangka dilakukan petugas Polres Pulau Buru melalui kerjasama dengan petugas Polsek Baguala.

"Kejadian penangkapan itu pada Selasa tanggal 8 Februari 2022 kemarin. Jadi setelah dilakukan pelacakan oleh tim, diketahui terduga pelaku sementara berada di Desa Waiheru, tepatnya di Kantor KUA Desa Waiheru untuk melaksanakan pernikahan,” ungkap Paur Subbag Humas Polres Pulau Buru, Aipda Djamaludin kepada Kompas.com via telepon, Jumat (11/2/2022).

Djamaludin mengatakan, tim menangkap tersangka seusai proses ijab kabul.

“Setelah selesai melaksanakan prosesi akad nikah pelaku ditangkap dan diarahkan ke Polsek Baguala,” ujarnya.

Djamaludin mengungkapkan, berdasar hasil pemeriksaan, pelaku telah tiga kali membawa kabur sepeda motor milik warga di Kota Namlea, Kabupaten Buru.

Adapun modus yang digunakan tersangka dengan cara menyewa sepeda motor dari rental. Setelah sepeda motor didapat, pelaku langsung membawanya dan menjualnya.

“Motor yang berhasil digasak terduga pelaku ada tiga unit yang sudah diamankan, yakni motor Jupiter Z new warna biru, motor Honda Beat warna putih biru dan motor Honda Beat warna merah,” ungkapnya.

Djamaludin menambahkan, perbuatan pelaku itu membuat resah warga di Namlea, Kabupaten Buru. Saat ini, pelaku sudah dibawa ke Polres Pulau Buru untuk menjalani pemeriksaan. Pelaku juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik.

“Sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan pasal 378 dan atau pasal 372 ancaman hukuman empat tahun penjara,” ungkapnya.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved