Breaking News:

Global

Pertama di Uni Eropa, Perancis Akan Mulai Gunakan Obat Covid-19 Pfizer

Perancis akan mulai menggunakan obat Covid-19 Pfizer minggu ini, pil untuk mengobati Covid-19 yang disetujui di 27 negara Uni Eropa.

Editor: Adjeng Hatalea
pixabay.com
ILUSTRASI tentang obat Covid-19. 

PARIS, TRIBUNAMBON.COM - Perancis akan mulai menggunakan obat Covid-19 Pfizer minggu ini, pil untuk mengobati Covid-19 yang disetujui di 27 negara Uni Eropa.

Perancis masih menjadi negara yang melaporkan infeksi harian per kapita tertinggi di dunia.

Akan tetapi, rawat inap perawatan kritis terkait virus berkurang.

Pemerintah Perancis pada Rabu (2/2/2022) mulai mencabut pembatasan terkait dengan lonjakan kasus varian Omicron.

Masker sekarang tidak lagi diperlukan di luar ruangan di Perancis, kerumunan besar kembali diizinkan di konser dan tempat olahraga. Perintah pemerintah untuk bekerja dari rumah paruh waktu juga telah dicabut.

Sementara itu, Perancis telah menerima 10.000 dosis pertama obat Pfizer Paxlovid dan akan tersedia di apotek mulai Jumat (4/2/2022), kata Kementerian Kesehatan Perancis, Rabu (2/2/3033) melansir AP.

Dikatakan bahwa negara ini merupakan yang pertama di Uni Eropa pertama yang mulai memberikan pil untuk mengobati Covid-19 sejak persetujuan peraturan diberikan minggu lalu.

Ini akan diberikan kepada orang dewasa dengan gejala yang tidak membutuhkan oksigen dan yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah, menurut pedoman Badan Obat Eropa (EMA).

Persediaan obat tetap terbatas di seluruh dunia.

EMA pekan lalu merekomendasikan agar Paxlovid diizinkan untuk digunakan, dengan mengatakan itu dapat membantu orang yang terinfeksi Covid-19 menghindari penyakit yang lebih serius dan dirawat di rumah sakit.

Obat itu mendapat izin dari regulator di AS dan Inggris pada Desember.

Pil antivirus Covid-19 dari Merck juga diharapkan segera disahkan. Kedua obat tersebut diharapkan efektif melawan omicron, karena mereka tidak menargetkan protein lonjakan di mana sebagian besar mutasi mengkhawatirkan varian berada.

(Kompas.com / Bernadette Aderi Puspaningrum)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved