Breaking News:

Kesehatan

Penelitian Terbaru: Orang Tanpa Pasangan Lebih Berisiko Alami Peradangan

Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa bertahun-tahun hidup sendiri dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatan seseorang.

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Adjeng
Ilustrasi Orang Tanpa Pasangan 

TRIBUNAMBON.COM - Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa bertahun-tahun hidup sendiri dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatan seseorang.

Dilansir UPI, sebuah studi baru yang diterbitkan Senin (10/1/2022) menunjukkan bahwa setidaknya salah satu dari dampak tersebut mungkin sangat buruk bagi pria.

Studi ini mengamati sampel darah dari 4.835 peserta dari Copenhagen Aging and Midlife Biobank untuk memeriksa tingkat peradangan.

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, mengamati beberapa hal, baik waktu tahun hidup sendiri maupun jumlah putus cinta karena akhir dari hubungan yang signifikan.

Hal ini sering diikuti periode hidup sendiri, tulis para peneliti. Melihat hanya pada perceraian tidak cukup untuk melacak hilangnya kemitraan.

In karena ada peningkatan jumlah orang yang memiliki hubungan signifikan tetapi tidak menikah, menurut penelitian tersebut.

"Hubungan antara perasaan kesepian dan dampak kesehatan yang merugikan telah didokumentasikan dengan baik," kata Dr Peter Libby, spesialis pengobatan kardiovaskular di Brigham and Women's Hospital, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Studi ini memperkuat hubungan yang telah dilihat para ahli antara sistem saraf dan peradangan, yang merupakan kontributor signifikan terhadap penyakit jantung."

"Ada peningkatan pemahaman tentang hubungan mendasar antara stres psikologis dan variabel biologis yang terkait dengan peradangan," kata Libby.

Mengetahui bahwa risiko peradangan dapat meningkat, Libby menyarankan pasien untuk menjalani gaya hidup sehat untuk orang tanpa pasangan.

"Ketika menghadapi kesulitan dalam bentuk apa pun, aktivitas fisik secara teratur dan diet sehat dapat membantu kesejahteraan, baik psikologis maupun biologis," tambah Libby.

(Kompas.com / Tito Hilmawan Reditya)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved