Breaking News:

Nasional

Libur Nataru Sebentar Lagi, Menkominfo Berharap Level Penyebaran Covid-19 Terkendali

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, banyak ketidakpastian yang harus dihadapi, terutama di tengah periode libur

Editor: Adjeng Hatalea
Unsplash.com/Eugene Zhyvchik
Perayaan Natal 

TRIBUNAMBON.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, banyak ketidakpastian yang harus dihadapi, terutama di tengah periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), yang tiba sebentar lagi.

Belajar dari pengalaman, Johnny menyebutkan, libur hari besar selalu memicu kenaikan kasus Covid-19 di tanah air.

"Kenaikan kasus tidak hanya terjadi pada kasus harian, tetapi juga pada kasus mingguan yang bertahan cukup lama," tuturnya, dikutip dari keterangan pers resminya, Kamis (18/11/2021).

Johnny memaparkan, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, periode libur Idulfitri pada 2020 memicu penambahan sekitar 68 persen-93 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan di kisaran 2.889 kasus-3.917 kasus.

Sementara itu, libur kolektif Maulid Nabi dan Natal pada 2020 memicu penambahan 37-95 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan sebanyak 8.096-38.340 kasus.

"Kenaikan ini diperparah adanya varian Delta yang lebih mudah menular dibanding varian sebelumnya," ujarnya.

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu mengungkapkan, kenaikan kasus umumnya disebabkan dua hal utama. Pertama, peningkatan mobilitas yang tidak dibarengi dengan upaya testing yang cukup.

Dalam hal ini, kewajiban testing merupakan langkah preventif untuk memastikan pelaku perjalanan dalam kondisi sehat dan tidak menularkan virus ke daerah tujuannya.

Kedua, lemahnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam perjalanan maupun aktivitas selama liburan.

Hal tersebut erat kaitannya dengan tradisi berkumpul, makan bersama, maupun tradisi keagamaan yang meningkatkan peluang penularan akibat kerumunan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved