Breaking News:

Pemilu 2024

Petahana Kembali Ikut, Pendaftar Calon Anggota KPU-Bawaslu 2022-2027 Lebih dari 800 Orang

Pendaftaran Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (KPU-Bawaslu) telah resmi ditutup pada Senin (15/11/2021).

Editor: Adjeng Hatalea
Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilu 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Pendaftaran Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (KPU-Bawaslu) telah resmi ditutup pada Senin (15/11/2021).

Selasa (16/11/2021) pukul 11.35 WIB, data yang terdapat dalam situs https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id/ menunjukkan terdapat 867 orang yang mendaftar sebagai calon anggota KPU dan Bawaslu.

Jumlah tersebut terdiri dari 492 orang yang mendaftar di KPU dan 375 orang yang mendaftar di Bawaslu.

"Tetapi saya tidak tahu apakah sekretariat sudah selesai meng-input yang mendaftar langsung dan lewat pos," ujar Anggota Tim Seleksi (Timsel KPU/Bawaslu Betti Alisjahbana kepada Kompas.com. Selasa.

Oleh karena itu, Betti berpendapat bahwa jumlah yang terdapat dalam situs tersebut masih bisa berubah lagi meski sedikit.

Selain itu, Betti juga membenarkan bahwa ada beberapa nama petahana dari anggota KPU dan Bawaslu sebelumnya yang mendaftar.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa membocorkan siapa saja petahana yang turut mendaftar kembali itu.

"Iya beberapa petahana mendaftar. Nama-namanya nanti saja ketika sudah diumumkan pada hasil seleksi administrasi," kata Betti. Betti mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian kelengkapan dokumen administrasi dari para pendaftar tersebut.

Pada Rabu (17/11/2021), rencananya pihaknya akan mengumumkan nama-nama yang lolos dalam seleksi tahap I, yakni tahap kelengkapan administrasi.

"Mereka yang lolos akan ikut seleksi tertulis dan makalah pada 24 November 2021 serta tes psikologi pada 25 November 2021," ucap dia.

Adapun pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu tersebut dilakukan untuk periode 2022-2027.

Masa penerimaan pendaftaran calon penyelenggara pemilu tersebut telah dibuka sejak 18 Oktober 2021.

(Kompas.com / Deti Mega Purnamasari / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved