Breaking News:

Maluku Terkini

KNPI Maluku Tengah Minta Dispora Berdiri Sendiri

Abdul Gani Latuconsina minta Pemerintah Kabupaten setempat memisahkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dari Dinas Pariwisata.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukaddar
Ketua KNPI Maluku Tengah bersama jajaran Anggota saat Poto bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga di Baileo Soekarno Kota Masohi, di Puncak acara peringatan Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNBON.COM - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku Tengah, Abdul Gani Latuconsina minta Pemerintah Kabupaten setempat memisahkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dari Dinas Pariwisata.

Hal itu disampaikan Latuconsina usai menghadiri acara puncak peringatan hari sumpah pemuda yang ke-93 di Baileo Ir. Soekarno, Kotaasohi, Kamis (28/10/2021).

Diketahui, Dispora saat ini masih tergabung dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tengah.

Olehnya itu, pria yang akrab disapa Genola itu berharap agar bisa Dispora berdiri sendiri.

"Sebagai pemuda kami inginkan seperti itu, harus dipisah," ujarnya.

Baca juga: Tak Semua Angkot Terapkan Pembayaran Tarif Berbasis Aplikasi QRIS, Ini Penjelasan Latuheru

Baca juga: Aksi Muda Jaga Iklim di Ambon, Bonek Jadi Satu-satunya Komunitas Pecinta Bola yang Ikut

Lanjutnya, pemuda dan olahraga memang merupakan paket tersendiri yang tidak bisa digabungkan dengan Pariwisata karena akan tumpang tindih.

"Maluku Tengah juga dikenal dengan pariwisatanya, biarkan Dinas Pariwista fokus dengan wisata," tambahnya.

Ditambahkan, selama ini Dinas Pariwisata lebih banyak fokus mengurus pariwisata, sementara urusan kepemudaan jarang diperhatikan.

“Selama ini yang dilihat oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga itu hanya pariwisata dan olahraganya, sedangkan untuk kegiatan kepemudaan seperti seminar dan lainnya tidak pernah diperhatikan. Jadi kami minta untuk pembentukan Dinas Pemudan Olahraga,” minta Latuconsina.

Menurutnya, urusan pariwisata saja memiliki beban kerja yang cukup banyak dalam meningkatkan mutu Wisata, akibatnya bidang pemuda dan olahraga sering terabaikan.

Terlebih permasalahan pemuda saat ini cukup tinggi tapi belum bisa diatasi hanya oleh bidang saja tapi diperlukan dinas agar bisa fokus. Dirinya berharap Bupati di akhir masa jabatannya bisa serius memperhatikan masalah tersebut.

"Jadi kami berharap kepada Bupati dan wakil Bupati di akhir masa jabatannya bisah membentukan Dinas Pemu dan Olahraga," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved