Breaking News:

Ambon Hari Ini

Angkot di Ambon Boleh Tambah Penumpang, Ini Syaratnya

Meski demikian, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan kebijakan itu dapat dipertimbangkan kembali dengan dua ketentuan.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Alfin Risanto
Angkutan Kota Jurusan IAIN 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Hingga kini Pemerintah Kota Ambon masih membatasi kapasitas penumpang Angkutan Kota (Angkot) sebanyak 50 persen.

Meski demikian, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan kebijakan itu dapat dipertimbangkan kembali dengan dua ketentuan.

Pertama, target vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

Kedua, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun menjadi tahap I.

“Sampai dengan target vaksinasi lansia mencapai 60 persen dan kita masuk ke level 1 kita akan kembali mengevaluasi Perwali dan otomatis untuk angkot (Angkutan Kota) yang ada akan ditambahkan presentasi untuk pengangkutan masyarakat, itu alasan dasarnya di situ,” kata Adriaansz di di Balai Kota Ambon, Senin (25/10/2021).

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Ambon per Sabtu (23/10/2021), vaksinasi lansia baru mencapai 55,3 persen atau sebanyak 13.605 jiwa dari target 24.613 jiwa dan siswa 75,1 persen atau 25.019 dari target 33.312 jiwa.

Baca juga: Mulai 29 Oktober, Bayar Tarif Angkot di Ambon Pakai Barcode

Baca juga: Soal Isu Kelangkaan BBM di Maluku Tengah, Pertamina Pastikan Pasokan Sesuai Jatah

Hal itu dilakukan lantaran warga lansia dan siswa merupakan kelompok rentan terpapar virus covid-19 dan pengguna terbanyak transportasi umum.

“Karena kita ketahui bahwa target kita yang pertama lansia sebagian besar lansia yang bukan lansia rata-rata menggunakan kendaraan sendiri roda dua atau roda empat sendiri namun sebagian besar lansia dan siswa menggunakan fasilitas umum sehingga itu menjadi pertimbangan Satgas untuk angkot tetap 50 persen,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah masih memperpanjang PPKM Level 2 di Kota Ambon hingga 8 November 2021 mendatang.

Disebutkan, tidak ada perbedaan aturan dalam instruksi Walikota Nomor 12 tahun 2021, dibandingkan dengan instruksi Walikota Nomor 11.

Termasuk kapasitas pengguna transportasi umum masih dibatasi 50 persen. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved