Breaking News:

Kesehatan

6 Gangguan Mata Usia 40 Tahun ke Atas dan Cara Menanganinya

Radang sendi yang semakin sering muncul, keriput di sana sini, uban yang merajalela, hingga indera penglihatan yang semakin menurun kualitasnya.

Editor: Adjeng Hatalea
doughertylaservision.com
kacamata berembun 

TRIBUNAMBON.COM - Penuaan membawa efek ke seluruh bagian tubuh.

Radang sendi yang semakin sering muncul, keriput di sana sini, uban yang merajalela, hingga indera penglihatan yang semakin menurun kualitasnya.

Di usia 40 tahun ke atas, mata memang rentan mengalami banyak masalah. Gangguan penglihatan yang datang di usia menjelang setengah abad ini sangat beragam. 

Dari yang ringan dan tak membutuhkan penanganan serius, hingga yang sedikit berat dan butuh pengamatan ekstra dari waktu ke waktu.

Lantas apa saja gangguan mata di usia kepala empat ini? Melansir dari Prevention, ini 6 gangguan mata di usia 40 tahun ke atas dan cara mengatasinya:

1. Mata kering

Penuaan membuat produksi air mata berkurang. Efeknya, mata bisa rentan kering, merah, terasa gatal dan terbakar.

Problema mata kering disebabkan oleh perubahan hormon, salah satunya karena berkurangnya hormon androgen. 

Lewat sebuah studi, wanita menjelang paruh baya lebih sering terkena gangguan ini daripada laki-laki menjelang paruh baya. 

Ketika mata tak memproduksi air mata dalam jumlah cukup, dan kelopak kita mengedip secara alami, kelopak mata akan bergesekan dengan bola mata yang setengah kering.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved