Breaking News:

Pembelajaran Tatap Muka

Penuhi Target Vaksinasi, SMPN 2 Ambon & SMP St. Yakobus Bakal Dicek Kesiapannya Sebelum PTM

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ambon dan SMP St. Yakobus telah memenuhi syarat untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon/Tanita Pattiasina
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, John Sanders di Studio TribunAmbon.com, Jalan Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (4/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ambon dan SMP St. Yakobus telah memenuhi syarat untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, John Sanders mengatakan kedua sekolah itu telah memenuhi syarat vaksinasi 80 persen bagi siswa dan guru.

“Yang direncanakan dan telah memenuhi syarat SMP N 2 dan SMP St. Yakobus, mereka sudah diatas target 80 persen,” kata Sanders saat dikonfirmasi TribunAmbon.com, Rabu (13/9/2021) sore.

Setelah pengajuan berkas, lanjyt dia, tim Dinas Pendidikan dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon akan melakukan pengecekan guna memastikan kesiapan kedua sekolah tersebut sebelum melangsungkan PTM.

“Mereka akan persiapan berkas dulu kemudian tim dinas akan turun untuk mengecek persiapan dan sarana prasarana, tim gugus covid-19 sekolah, setelah mereka lakukan,” lanjutnya.

Sanders menambahkan, kelanjutan PTM tergantung sekolah masing-masing bila sudah memenuhi persyaratan maka bisa diterapkan.

“Kalau secepatnya melengkapi persyaratan, sampaikan dinas dan tim satgas, dan kami sampaikan ke Pak Wali Kota Ambon, bila sudah disetujui maka sudah bisa PTM,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ambon, Gani Suat mengatakan, berdasarkan petunjuk Wali Kota, Richard Louhenapessy dan Kadis Pendidikan, maka sekolahnya akan dipantau dalam minggu ke depan.

“Berdasarkan penjelasan dan petujuk wali kota dan kadis sudah diarahkan untuk SMPN 2 sebagai pilot ploting nanti persiapan minggu depan tim turun pemantauan petunjuk selanjutnya nanti mungkin sekolah pertama PTM terbatas SMPN 2,” ungkap Suat.

Dia menambahkan, berbagai persiapan telah dilakukan termasuk sarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan di sekolah.

“Sekolah sudah siapkan smua persiapan secara umum untuk cuci tangan dan lainnya, kita sudah siapkan tinggal kita rancang persiapan PTM di kelas,”

Sementara, guru yang telah menerima vaksin Covid-19 sebanyak 100 persen dan siswa telah 92 persen.

Meski demikan, jumlah siswa di kelas akan dibagi menjadi 50 persen sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

“Jumlah siswa SMPN 2 data 769 siswa. Siswa 700 sudah vaksin yg terbanyak di SMPN2 jadi pilot ploting. Guru yang sudah divaksin dari 62 guru 60 sudah vaksin 2 guru karena tidak bisa jadi kami sudah sampaikan ke dinas. Secara rasio kalau sebelum covid di kelas itu belajar 32 siswa tapi karena covid kita buat pembatasan maka 1 kelas hanya 15 siswa, nanti kita rancamg untuk shif,” tandasnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved