Breaking News:

Gangguan Internet di Maluku

Dampak Gangguan Internet di Namlea-Buru, Warga Diminta Lengkapi Berkas Perjalanan di PTSP

Persyaratan yang harus dibawa di kantor PTSP Sekretariat Satgas Covid-19 Namlea, yakni berupa KTP dan Surat Keterangan Vaksinasi.

Penulis: Andi Papalia | Editor: Adjeng Hatalea
Grafis TribunAmbon.com / Alghazali
Ilustrasi Gangguan Internet di Maluku 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM – Warga Namlea, Kabupaten Buru diminta untuk melakukan validasi kelengkapan berkas perjalanan di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sekretariat (PTSP) Satgas Covid-19 di daerah tersebut.

Langkah ini diambil akibat imbas dari gangguan jaringan internet yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Kota Namlea dan sekitarnya sejak Minggu (19/9/2021) kemarin.

Sekertaris Gugus Covid-19 Kabupaten Buru, Azis Tomia mengatakan, gangguan internet itu mengakibatkan pihaknya kesulitan mengakses aplikasi yang digunakan untuk proses validasi.

"Gangguan jaringan sehingga akses di aplikasi jadi terganggu. Oleh karena itu, bagi masyarakat, mahasiswa dan palajar, yang ingin membuat surat rapid tes antigen di rumah sakit, silahkan bawa foto copy KTP dan Surat Keterangan Vaksin, kantor PTSP Sekertariat Satgas," ucap Tomia, Selasa (21/9/2021).

Dia menerangkan, warga Namlea yang membutuhkan hasil rapid test antigen, sebelumnya harus melengkapi persyaratan lainnya sebelum menuju ke rumah sakit terkait untuk melakukan tes.

Persyaratan yang harus dibawa di kantor PTSP Sekretariat Satgas Covid-19 Namlea, yakni berupa KTP dan Surat Keterangan Vaksinasi.

Proses validasi ini, kata dia, akan dilakukan secara manual atau luar jaringan (luring).

"Jadi, pelayanan validasi untuk beberapa hari ke depan akan dilakukan secara offline, sambil menunggu jaringan internet indihome membaik," katanya.

"Prinsipnya pelayanan tetap jalan, cuman ada penyesuaian sedikit dari segi tata cara pelaksanaan," lanjutnya.

Gangguan jaringan internet ini, lanjut dia, sangat mengganggu aktivitas kerja di Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, terutama dalam hal administrasi dan pelaporan.

Untuk itu dia berharap, pihak terkait secepatnya memperbaiki jaringan internet ini agar aktivitas di lingkungan kerja bisa kembali normal.

"Semoga kerusakan pada jaringan internet secepatnya diperbaiki, agar pelayanan secara online bisa kembali dilakukan, karena itu sangat penting," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved