Breaking News:

Ambon Hari Ini

Berkaca dari Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Lapas Ambon Pasang Alat Pemadam Api Ringan

Guna mewaspadai kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon memasang tujuh unit Alat Pemadaman Api Ringan (APAR).

Editor: Salama Picalouhata
Courtesy / Humas Lapas Kelas IIA Ambon
AMBON: Petugas Lapas kelas II A Ambon. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Guna mewaspadai kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon memasang tujuh unit Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) dan Fire Box di tiap pos penjagaan.

Hal itu diungkap Kepala Lapas kelas IIA Ambon, Saiful Sahri kepada Wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (11/9/2021) malam.

"Tadi sudah terpasang alat pemadam api ringan, (APAR) di pos blok yang dipantau oleh petugas pengamanan. Ada 7 unit yang dipasang, Ujar Sahri.

Ia mengatakan, langkah tersebut merupakan cara Lapas Ambon untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya kebakaran.

Baca juga: Polri Duga Ada Kelalaian dalam Peristiwa Kebakaran di Lapas Tangerang

Pihaknya mengaku belajar dari peristiwa terbakarnya Lapas Kelas I Tangerang Rabu lalu.

Sahri menambahkan, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke masing-masing blok hunian, terkait bahaya penggunaan jaringan instalasi listrik yang ilegal.

Jika penghuni lapas masih menggunakan jaringan instalasi listrik yang ilegal, dikhawatirkan dapat terjadi korsleting listrik yang dapat berpotensi kebakaran.

"Jadi pemasangan alat pemadam kebakaran hari ini kita pasang di pos-pos blok supaya segala kemungkinan bisa cepat diketahui," kata dia.

Meski instalasi jaringan listrik di lapas tersebut baru diperbaiki tahun lalu, namun pihak lapas mengatakan langkah tersebut dilakukan guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Memang instalasi jaringan listrik di lapas baru diganti tahun lalu, tapi kita antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," tandasnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved