Breaking News:

Ambon Hari Ini

Tak Hanya Belanda, Ini Negara yang Pernah Menjajah di Pulau Ambon

Pasalnya Tanggal dan Tahun kelahiran Kota Ambon diambil dari dua peristiwa besar yang berbeda dengan rentang waktu yang sangat jauh.

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Fandi Wattimena
Jembatan Merah Putih 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Tepat hari ini, 7 September 2021 Kota Ambon merayakan hari lahirnya ke-446 yang begitu anomali.

Pasalnya Tanggal dan Tahun kelahiran Kota Ambon diambil dari dua peristiwa besar yang berbeda dengan rentang waktu yang sangat jauh.

Kependudukan bangsa Portugis di Kota Ambon dan membangun Benteng Nissa Senhora Annucida pada tahun 1575 menjadi cikal bakal lahirnya Kota berjuluk manise ini.

Tak hanya Portugis nyatanya, ada beberapa negara yang pernah menjajah Kota Ambon dengan masing-masing sistem pemerintahan yang dibawanya.

TribunAmbon.com akan mengulas negara apa saja yang pernah menjajah Kota dengan gelar City Of Music ini, Selasa (7/9/2021) siang.

Baca juga: Sejarah Penetapan Hari Ulang Tahun Kota Ambon 7 September

Baca juga: Sambut HUT ke 446 Ambon, Pasukan Kuning Harap Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarangan

1. Penjajahan Portugal

Setelah Portugis datang pada 1513 sebagai pendatang Eropa pertama, sekitar tahun 1575, penguasa Portugis mengerahkan penduduk di sekitarnya untuk membangun Benteng Kota Laha atau Ferangi yang diberi nama Nossa Senhora de Anunciada di Dataran Honipopu.

Dalam pembangunannya, masyarakat pekerja mendirikan perkampungan yang disebut soa, yakni kesatuan kekerabatan berupa keluarga luas terbatas seperti Kilang, Ema, Soya, Hutumuri, Halong, Hative, Selale, Urimessing, dan Batu Merah yang menjadi dasar Kota Ambon karena di dalam perkembangan selanjutnya masyarakat tersebut sudah menjadi masyarakat geneologis teritorial yang teratur.

2. Masa Penjajahan Belanda VOC

Halaman
123
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved