Breaking News:

Maluku Terkini

Keluarkan Rekomendasi Josephus Noya sebagai Rektor UKIM, Gubernur Maluku Didemo

Puluhan mahasiswa Universitas Kristen Indenesia (UKIM) melakukan aski unjuk rasa di Gedung Kantor Gubernur Maluku, Selasa (10/8/2021).

Penulis: Ode Alfin Risanto | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Alfin
MALUKU: Keluarkan Rekomendasi Josephus Noya menjadi rektor UKIM, Gubenur maluku di demo mahasiswa UKIM Maluku, Selasa (10/08/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Alfin Risanto

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Puluhan mahasiswa Universitas Kristen Indenesia (UKIM) melakukan aski unjuk rasa di Gedung Kantor Gubernur Maluku, Selasa (10/8/2021).

Aksi itu dilakukan untuk meminta klarifikasi Gubenur Maluku, Murad Ismail terkait Surat Rekomendasi yang dikeluarkannya atas Josephus Noya sebagai Rektor UKIM Maluku periode 2021-2025.

Dari pantaun TribunAmbon.com di lpangan massa aksi secara bergantian melakukan orasi dengan menyampaikan tuntutan mereka, yakni klarifikasi dari Gubenur Maluku yang sudah mengeluarkan surat rekomendasi atas pengangkatan Josephus Noya menjadi rektor UKIM Maluku periode 2021-2025.

Menurut pendemo sangat disayangkan sikap Gubenur Maluku, seakan menunjukan kecenderungan dan politis dalam menentukan Calon Rektor UKIM Maluku.

Padahal suksesi Calon Rektor UKIM ini adalah urusan kampus atau yayasan, bukanlah urusan pemerintah.

"Kami sangat menyayangkan sikap intervensi gubenur maluku terhadap kampus Kami," kata koordinator kasi, orlando farneyanan.

Baca juga: Beredar Surat Rekomendasi Gubernur Maluku atas Calon Rektor UKIM Viral di Medsos, Tuai Pro Kontra

Dikatakan, kampus UKIM maluku ini adalah anak kandung GPM bukan milik pemerintah, jadi intervensi gubenur maluku dinilai sangat merugikan.

Untuk itu dalam pernyataan sikap kami meminta Gubenur Maluku agar mempertangungjawabkan  rekomendasi kepada Calon Rektor UKIM dalam suksesi mendatang.

“Selain itu juga kami meminta harus ada permohonan maaf dari gubemur maluku secara terbuka kepada seluruh Cevitas akedemi UKIM Maluku,” pungkasnya.

Baca juga: Soal Gubernur Maluku Rekomendasi Calon Rektor UKIM, Pihak Kampus Belum Bisa Berkomentar

Surat Rekomendasi Nomor 424/2364 tentang Memilih Josephus Noya sebagai Rektor UKIM Periode 2021-2025 dan ditandatangani Gubernur Maluku itu dikeluarkan tertanggal 22 Juni 2021 dan

 itu sempat viral di media sosial, sehingga mengundang pro dan kontra dari publik pada 8 Agustus lalu.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Melkianus Pentury belum bisa berkomentar soal Surat Rekomendasi tersebut.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved