Breaking News:

Maluku Terkini

Layani Pasien Covid-19, PLN Maluku-Malut Targetkan RS Siloam Ambon Jadi Pelanggan Listrik Premium

Fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit rujukan Covid-19 juga menjadi prioritas layanan kelistrikan saat ini.

Penulis: Adjeng Hatalea | Editor: Salama Picalouhata
Adjeng Hatalea
Kunjungan PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) ke RS Siloam Ambon di kawasan Jalan Sultan Hasanudin Hative Kecil, Sirimau, Senin (2/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRBUNAMBON.COM – PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) menargetkan Rumah Sakit Siloam Ambon menjadi salah satu pelanggan listrik Premium di kawasan Jalan Sultan Hasanudin Hative Kecil, Sirimau.

Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN UIW MMU, Dony Noor Gustiarsyah mengungkapkan, target ini menjadi fokus utama pihaknya di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit rujukan Covid-19 juga menjadi prioritas layanan kelistrikan saat ini.

Petugas PLN tengah memeriksa sistem kelistrikan di gardu listrik milik RS Siloam Ambon, Senin (2/8/2021).
Petugas PLN tengah memeriksa sistem kelistrikan di gardu listrik milik RS Siloam Ambon, Senin (2/8/2021). (Adjeng Hatalea)

Adapun Layanan premium ini merupakan inovasi layanan dari PLN untuk memenuhi kebutuhan khusus pelanggan.

Layanan ini memberikan keunggulan berupa keandalan pasokan listrik yang lebih baik.

“Ini menjadi prioritas PLN bahwa di masa pandemi ini yang menjadi prioritas kami adalah rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 dan oksigen generator,” Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN UIW MMU, Dony Noor Gustiarsyah kepada Wartawan saat melakukan kunjungan di RS Siloam, Senin (2/8/2021).

Di tengah pandemi Covid-19 ini, lanjut dia, kebutuhan akan listrik terutama di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan penyedia oksigen generator meningkat.

“Ini menjadi fokus kami, karena memang untuk rujukan pasien dan oksigen ini sangat dibutuhkan. Terkait layanan ini, kami ada layanan premium,” lanjut Dony.

Dony menerangkan, layanan premium ini tentu saja berbeda dengan layanan regular lainnya.
Terdapat double supply yang disediakan bagi pengguna layanan premium.

“Pasti kalau dibandingkan dengan regular pasti ada sedikit berbeda, karena memang kami mesti menyediakan double supply. Dari sisi daya kami di Ambon ini masih cukup jadi 53 mega kapasitas kami daya mampunya di 109 mg. Yang membedakan sudah pasti di tarif, tapi layanan yang diberikan juga pasti berbeda,” terang dia.

“Kalau premium dia mempunyai dua supply untuk menyuplai ke pelanggan. Misalnya, selama ini Cuma punya satu saluran tegangan menengah nanti ke depan punya dua. Kami menyiapkan dua penyulang, dua jalur pendistribusian. Jadi ketika ada gangguan di satu, yang satunya standby,” sambungnya.

Sementara itu, PLT Hospitals Director Siloam Hospitals Ambon, dr. Paulus Triaji Hadiwijaya mengungkapkan, sejauh ini dari total kapasitas yang diberikan PLN, masih sekitar 20 persen yang digunakan untuk operasional rumah sakit.

Kebutuhan akan layanan kelistrikan itu akan meningkat seiring berjalannya waktu ke depan.

"Selama ini pelayanan PLN kepada Siloam Hospital Ambon sudah sangat baik sekali. Kami juga ucapkan terimakasih banyak kepada PLN yang akan terus meningkatkan pelayanannya kepada kami. Saat ini memang penggunaan listrik kami baru sekitar 20% dari daya yang disediakan PLN. Tapi ke depan tentu akan mengalami peningkatan dan tidak menutup kemungkinan juga kami menjadi pelanggan Premium,” ujar Paulus.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved