Breaking News:

Global

Texas Konfirmasi Kasus Covid-19 Varian Lambda Pertama

Sistem rumah sakit di Texas, Amerika Serikat (AS) telah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Lambda.

Editor: Adjeng Hatalea
(Shutterstock/Arif biswas)
Ilustrasi Covid-19 Varian Lambda 

HOUSTON, TRIBUNAMBON. COM – Sistem rumah sakit di Texas, Amerika Serikat (AS) telah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Lambda.

Varian Lambda pertama kali terdeteksi di Peru pada Agustus 2020 sebagaimana dilansir The Independent, Rabu (21/7/2021).

Kini, varian tersebut berkontribusi terhadap 81 persen dari kasus Covid-19 di negara tersebut pada April hingga Juni.

Rumah Sakit Houston Methodist, yang memiliki delapan fasilitas di negara bagian Texas, mengonfirmasi kasus pertamanya pada Senin (19/7/2021).

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menaikkan status varian Lamda sebagai “Variant of Interest”.

Kini, WHO melaporkan bahwa varian tersebut telah ditemukan di 29 negara di seluruh dunia. Di sisi lain, varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India, merupakan “Variant of Concern” oleh WHO.

Varian Delta yang sangat menular telah memicu gelombang kasus Covid-19 terbaru dan menjadi varian dominan di “Negeri Paman Sam”.

Baca juga: Khawatirkan Situasi Covid-19, Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia

Pejabat kesehatan AS mengatakan, varian Delta sekarang menyumbang lebih dari 80 persen kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di AS.

Direktur Medis Mikrobiologi Diagnostik Rumah Sakit Houston Methodist Wesley Long mengatakan kepada ABC News bahwa belum ada cukup bukti yang menunjukkan varian Lambda bakal menjadi masalah baru daripada varian Delta.

“Saya tidak berpikir ada cukup bukti pada saat ini bahwa kita harus lebih peduli tentang (varian) Lambda daripada (varian) Delta,” ujar Long.

“Saya masih berpikir (varian) Delta adalah perhatian utama kami. Ada lebih banyak bukti yang kami miliki bahwa (varian) Delta jauh lebih menular,” imbuh Long.

Di sisi lain, kasus Covid-19 bertambah hampir dua kali lipat dalam sistem Rumah Sakit Houston Methodist.

"Kami melihat lonjakan yang mengkhawatirkan dalam jumlah kasus Covid-19 di seluruh wilayah Houston, dengan peningkatan paling tajam terjadi selama akhir pekan," kata rumah sakit tersebut.

“Peningkatan jumlah pasien rawat inap menambah tekanan pada banyak rumah sakit kami yang mendekati ambang kapasitas,” sambungnya.

(Kompas.com / Danur Lambang Pristiandaru)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved