Breaking News:

Kasus Covid 19

Hasil Tracking, 4 TKA China Positif Covid-19 di Kota Bula-Maluku

Dia, temuan kasus positif itu dari hasil tracking yang dilakukan setelah salah seorang diantaranya atas nama Cao Changqin terpapar corona.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Fandi Wattimena
Grafis TribunAmbon.com / Juna Putuhena
Update Covid-19 di Maluku 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Empat orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China positif yang tengah berada di Kota Bula, Seram Bagian Timur terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung.

Dia, temuan kasus positif itu dari hasil tracking yang dilakukan setelah salah seorang diantaranya atas nama Cao Changqin terpapar corona.

"Berdasarkan hasil rapid antigen, sekarang sudah kurang lebih 4 TKA yang positif Covid-19," kata dr. Adonia Rerung, Kamis (15/7/2021) sore.

Ia menerangkan, keempat TKA itu kini telah dikirim ke Kota Ambon untuk melakukan tes Swab PCR sebagai tindak lanjut dari hasil antigen yang positif.

"Aturannya kalau tes antigen positif harus dilanjutkan dengan tes Swab PCR karena tingkat akurasinya yang lebih tinggi. Jadi mereka sudah dikirim ke Ambon untuk melakukan tes PCR namun belum keluar hasilnya," jelasnya.

Ia melanjutkan, walau hasil Swab PCR belum keluar, namun keempat TKA ini sudah diperlakukan layaknya mereka yang sudah benar-benar postif.

Baca juga: Keluarga Ambil Paksa Jenazah Diduga Covid-19 di Rumkit dr. Latumeten Ambon

Baca juga: Siap-siap, Besok Satpol-PP Sosialisasi Penerapan Prokes di Pasar Binaya Masohi

"Tapi empat orang ini tetap diperlakukan seperti mereka yang sudah terkonfirmasi.

Jadi sesuai prosedur standar sambil menunggu hasil, yang bersangkutan harus tetap dijaga, isolasi mandiri," ungkap Adonia.

Diberitakan sebelumnya, salah satu Tenaga Kerja Asing (TKA) di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku yang berasal dari China positif Covid-19.

Hal ini baru diketahui, saat TKA asal China ini merasakan kesakitan dan kemudian berobat ke salah satu rumah sakit terdekat disana.

Sebagaimana prosedural masuk rumah sakit saat ini, wajib mengikuti rapid antigen terlebih dahulu sebelum dirawat agar perawatannya bisa dipisahkan.

Dari hasil rapid antigen tersebut Cao Changqin ini dinyatakan positif Covid-19 sehingga perlu dilakukan tracking di perusahaan tempat dia bekerja. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved