Breaking News:

Update Covid 19

270 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Bulan Juni, Ambon Rentan Zona Merah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan zonasi penyebaran covid-19 di Kota Ambon dapat berubah menjadi zona merah

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Grafis Tribunnews.com/Juna Putuhena
Ilustrasi update Covid-19 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM  -  Kota Ambon mengalami lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Terhitung hingga Senin (28/6/2021) ini sudah sebanyak 270 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan zonasi penyebaran covid-19 di Kota Ambon dapat berubah menjadi zona merah atau daerah dengan kasus Covid-19 sangat tinggi.

“Kita tunggu Minggu ini bisa saja zona naik ke merah, kasus naik luar biasa. Ini luar biasa naik, bulan lalu 47 bulan ini 270 naik berapa kali lipat itu,” kata Pelupessy kepada Wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (28/6/2021).

Pelupessy tak bisa memastikan penyebab meningkatnya kasus corona dalam sebulan terakhir.

“kita belum melihat sampai ke tahapan itu, apa karena karaoke atau tempat hiburan dibuka, kita tak bisa mengatakan demikian,” tambahnya.

Lanjutnya, saat ini Dinas Kesehatan terus berupaya untuk menekan laju terkonfirmasi dengan berbagai upaya seperti vaksinasi.

Baca juga: Target Seribu Orang Per Hari, Polres Pulau Buru Gencar Vaksinasi Masal

Baca juga: Soal Dosen Aniaya Mahasiswa, Fisip Unpatti Akan Ambil Langkah Tegas

“Petugas kita hanya melihat bagaimana kenaikan kasus, kita harus bikin apa, Tracking, penerapan 3T, yang paling penting protokol kesehatan, yang paling penting vaksinasi untuk pencegahan,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, akibat lonjakan kasus, bahkan RS Darurat Covid-19 pun penuh dan pemkot Ambon harus mencari lagi tempat isolasi baru lagi.

“Kita punya rumah sakit lapangan sudah penuh, nah ini tadi lagi dibicarakan untuk membuka tempat isolasi terpusat lagi yang baru,” jelasnya.

Saat ini, data Pemerintah Kota Ambon menunjukan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 270 jiwa dan suspek sebanyak 8 jiwa, Minggu (27/6/2021).

Kecamatan Sirimau menduduki posisi pertama terkonfirmasi positif yakni sebanyak 123 jiwa 5 orang suspek.

Sedangkan Kecamatan Teluk Ambon Baguala sebanyak 65 jiwa terkonfirmasi positif dan Kecamatan Nusaniwe sebanyak 51 jiwa terkonfirmasi Positif. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved