Breaking News:

Maluku Terkini

Lantik Tiga Raja Sekaligus, Tuasikal Tegaskan Tanggung Jawab ke Masyarkat

Pelantikan berlangsung khidmat di Baileo Ir. Soekarno, Pendopo Bupati, Kota Masohi Maluku Tengah, Sabtu (5/6/2021).

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Pelantikan tiga Pemerintahan Negeri (Raja) di Baileo Soekarno, Masohi 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Bupati Maluku Tengah, Abua Tusikal resmi melantik tiga Kepala Pemerintahan Negeri (Raja) untuk periode lima tahun kedepan.

Ketiganya yakni; Kiahaly sebagai Kepala Pemerintah Negeri Kobi, Muhammad Gujali Soulisa sebagai Kepala Pemerintah Negeri Negeri Lima dan Kepala Pemerintah Negeri Roho  Yefry Maoky.

Pelantikan berlangsung khidmat di Baileo Ir. Soekarno, Pendopo Bupati, Kota Masohi Maluku Tengah, Sabtu (5/6/2021).

Dalam amanatnya, Tuasikal menegaskan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat serta kepada Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karena itu, sebelum mengambil langkah kebijakan ataupun keputusan haruslah didasarkan pada ketentuan perundangan-undangan yang berlaku dan benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan Negeri masing-masing.

"Menyadari bersama bahwa tugas dan tanggung jawab yang diemban mulai hari ini merupakan amanah suci yang nantinya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, Negeri, Pemerintah Daerah, dan terutama kepada Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Bupati.

Bupati juga mengapresiasi terlaksananya pelantikan ketiga Raja tersebut. Pasalnya, dalam proses pengusulan hingga penetapan pelantikan semuanya berjalan baik dan lancar tanpa ada masalah dari mata rumah parentah maupun mata rumah lainnya.

Baca juga: Ungkap Fanatisme, Pelatih Kepala Jong Ambon FC, Dukung Brazil dan Belanda

Baca juga: PWI Malteng Sebut Sikap Anggota DPRD Richard Rahakbauw Cederai Kebebasan Pers di Maluku

"Berkenan dengan itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya pelantikan ini, karena merupakan wujud manifestasi tata kelola pemerintahan khususnya menyangkut Pemerintahan Negeri yang ada di Kabupaten Maluku Tengah,"jelas Bupati.

Lanjutnya, menyikapi tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi dari pemerintah, maka selaku Kepala Pemerintah Negeri Raja sedianya mampu melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kemajuan dan kemandirian negeri.

Sementara terkait pengelolaan keuangan negeri, Bupati mengingatkan para Raja untuk melakukan seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat menghindari penyalahgunaan pengelolaan keuangan baik Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

"Maka perlu saya ingatkan pula kepada saudara-saudara selaku penanggungjawab pengelolaan keuangan negeri agar melakukan seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku,"

Bupati berharap selaku komponen masyarakat di daerah untuk selalu bekerjasama, saling menghargai, menghormati serta memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang Basudara.

"Saya terus berharap kita semua selaku komponen masyarakat di daerah ini untuk selalu bekerjasama, bahu membahu, mewujudkan Maluku Tengah yang Lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara," harap Bupati. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved