Breaking News:

Maluku Terkini

Paus Bungkuk Sepanjang 9 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Kepulauan Tanimbar

Seekor ikan paus bungkuk ditemukan mati terdampar di pantai Weasa, Desa Fursuy, Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (10/5/2021).

ISTIMEWA
Seekor ikan paus bungkuk ditemukan mati terdampar di pantai Weasa, Desa Fursuy, Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (10/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Ridwan Tuasamu

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Seekor ikan paus bungkuk ditemukan mati terdampar di pantai Weasa, Desa Fursuy, Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (10/5/2021).

Paus Bungkuk dengan panjang sekitar 9 meter tersebut ditemukan oleh sejumlah Jemaat GPM yang sedang mengumpulkan batu di area pantai.

Kejadian ini kemudian diviralkan oleh akun facebook dengan nama Wilson Kosaplawan yang juga berada di kawasan tersebut.

“Panjangnya ikannya sekitar 9 meter lebih,” ujar Wilson di dalam video yang beredar.

Diperkirakan raksasa laut yang juga dikenal dengan nama paus bailin ini sudah terdampar lebih dari 1 hari, sebab tubuhnya yang terlihat mulai membusuk.

Dalam video singkat tersebut warga yang berada di bibir pantai terlihat antusias menyaksikan bangkai tubuh hewan mamalia itu.

Paus dengan nama ilmiah Megapatra Novaengliae ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis paus lainnya yakni panjangnya mencapai 12-16 meter.

Hewan dengan berat 36 ton ini dikenal sebagai mamalia yang melakukan migrasi terjauh di dunia, ia dapat bermigrasi sejauh 5000 mil atau setara 8000 KM.

Salah satu factor paus bisa terdampar menurut para ahli disebabkan oleh umur yang sudah menua sehingga kesulitan mengikuti kelompoknya. (*)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved