Breaking News:

Nasional

Angka Kematian Pasien Covid-19 Stagnan, Satgas Perintahkan Upaya Penurunan

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah terus berupaya menekan angka kematian pasien virus corona.

(DOK. Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah terus berupaya menekan angka kematian pasien virus corona.

Saat ini, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2,7 persen.

Persentase tersebut bertahan sejak Februari 2021 dan belum menunjukan perubahan.

"Seharusnya kita tidak boleh berpuas diri dengan stagnannya persentase angka kematian. Upaya lebih harus dilakukan untuk menekan angka kematian semaksimal mungkin," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4/2021).

Wiku mengatakan, secara umum, angka kematian dapat ditekan dengan meningkatkan kualitas koordinasi, perencanaan, pembiayaan, dan monitoring angka kasus virus corona.

Namun, jika dijabarkan, setidaknya ada enam langkah yang bisa ditempuh. Pertama, melakukan deteksi dini kasus Covid-19 berdasar inisiatif masyarakat, ataupun oleh pemerintah. Hal ini diimbangi dengan peningkatan pelacakan kontak atau tracing. Kedua, peningkatan manajemen klinis oleh penyedia layanan kesehatan rujukan Covid-19.

Ketiga, peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan. Para penyedia layanan kesehatan disarankan mengonversikan pelayanan kesehatan umum untuk pelayanan kesehatan darurat Covid-19-sesuai kebutuhan.

"Kemudian, keempat, peningkatan upaya pendayagunaan tenaga kesehatan yang kompeten dan yang terproteksi dengan baik," ujar Wiku.

Langkah kelima, lanjut Wiku, peningkatan aksesibilitas warga terhadap alat kesehatan dan obat-obatan.

Pemerintah daerah harus menjamin bahwa seluruh masyarakat mendapat akses obat yang terjangkau serta mendapat fasilitas pendukung sesuai tingkatan penyakitnya, mulai dari yang tanpa gejala, ringan, sedang, hingga kritis.

Langkah keenam, upaya vaksinasi Covid-19 yang diberikan pemerintah dengan mengutamakan kelompok pripritas. Wiku meminta langkah-langkah itu diterapkan.

Ia berharap, angka kematian pasien Covid-19 dapat terus ditekan.

"Berbagai upaya untuk menekan angka kematian ini pun melingkupi upaya mencegah terjadinya penularan maupun pencegahan terhadap berkembangnya infeksi yang pada akhirnya bermanifestasi terhadap penekanan angka kematian," kata dia.

(Kompas.com / Fitria Chusna Farisa / Bayu Galih)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved