Breaking News:

Ambon Hari Ini

Siapkan Warga Hadapi Bencana, BPBD Gelar Sosialisasi Keluarga Tangguh

terdapat dua point penting dalam sosialisasi tersebut, yakni peningkatan kesadaran dan kewaspadaan bencana pada tingkat keluarga di masa pandemic

TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Kepala Pelaksana BPBD Kota Ambon, Demy Paays saat sambutan di Apel Pagi memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Ke 4 di Balai Kota Ambon, Senin (26/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menggelar sosialisasi keluarga tangguh untuk meningkatkan kesiapan masyarakat Kota Ambon terhadap Bencana.

Sosialisasi menyasar warga kota tinggal di kawasan rawan bencana, baik banjir maupun longsor.

“Kota Ambon di tahun 2021 memfokus latihan mandiri bagi keluarga yang merupakan unit terkecil di masyarakat untuk kegiatan keluarga tangguh bencana,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD, Demy Paays saat upacara memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2021, Senin (26/4/2021) siang.

Paays menjelaskan, terdapat dua point penting dalam sosialisasi tersebut, yakni peningkatan kesadaran dan kewaspadaan bencana pada tingkat keluarga di masa pandemic covid-19.

“Selain itu untuk meningkatkan kapasitas dalam mencegah atau menekan potensi kerugian dan kerusakan akibat bencana terhadap tempat tinggal, mata pencaharian, dan lingkungan,” tambahnya.

Kedua point itu dijabarkan dalam sejumlah materi pra dan pasca bencana.

Baca juga: Kadis Keuangan Bungkam Soal Keterlambatan Gaji Pegawai di Pulau Buru

Baca juga: Pemerintah Provinsi Maluku Perbolehkan Mudik dalam Satu Provinsi

Baca juga: Soal Mudik Lebaran, Bupati Maluku Tengah Akan Tutup Semua Pelabuhan

“Materi dalam sosialisasi ini meliputi pengenalan resiko bencana berbasis keluarga, pengenalan rumah aman bencana, rencana siaga keluarga, rencana evakuasi keluarga, sistem penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana berbasis komunitas,” kata Paays.

Kegiatan ini dilaksanakan kepada perwakilan warga di 5 Kecamatan di Kota Ambon.

“100 orang peserta di tiap kecamatan, hari ini dimulai dengan Kecamatan Sirimau,” tambahnya.

Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana dilaksanakan 26 April hingga 4 Mei 2021.

Ditempat yang sama, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB RI, Harapan Ali Bernardus mengatakan akan mendukung pelaksanaan sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana, demi mencapai zero accident dalam kejadian bencana.

“Saya kira kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan karena bencana ini datangnya tidak terduga, dan berulang kali terjadi, karena itu harus ada konsep ketangguhan, dimana ada konsensus diantara masyarakat mengenai skenario apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba bencana itu datang,” harapnya. (*)

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved