Breaking News:

Ramadhan 2021

Senin Sore, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 pada Senin (12/4/2021).

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Proses pemantauan hilal oleh Plt Kepala Kanwil Kemenag RI, Jamaludin Bugis di Karpan, Sirimau, Kota Ambon, Kamais (23/4/2020). 

TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 pada Senin (12/4/2021).

Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, sidang isbat akan digelar secara daring dan luring.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya'ban 1442 Hijriah," kata Kamaruddin kepada Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Sidang akan dihadiri oleh Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kemudian, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag dan tim Hisab dan rukyat Kemenag.

Sejumlah ormas Islam, antara lain NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kemenag, namun ada juga perwakilan ormas yang akan mengikuti sidang secara daring.

"Ada 29 duta besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang," ujarnya.

Baca juga: Kemenag: Shalat Tarawih di Masjid Hanya Boleh Dilakukan di Daerah Zona Kuning dan Hijau

Berdasarkan jadwal yang diterima Kompas.com, Kemenag akan memaparkan posisi hilal pada pukul 16.45 WIB dan bisa disaksikan secara daring melalui media sosial Kemenag.

Kemudian sidang isbat baru akan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB yang digelar secara tertutup. Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers pada pukul 19.30 WIB dan disiarkan melalui televisi dan media sosial.

Berikut ini daftar lokasi ru'yatul hilal 1 Ramadhan 1442 Hijriah:

Halaman
1234
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved