Breaking News:

Kasus Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba, Pria 41 Tahun Ini Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda 1 Miliar

Majelis Hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 112 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

TribunAmbon.com/ Juna Putuhena
Ilustrasi Kasus Korupsi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba, Falen divonis pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 1 Miliar subsider 1 bulan oleh Majelis Hakim Andi Adha cs di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (8/4/2021) siang.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa Falen selama 5 tahun penjara dan denda 1 miliar rupiah subside 1 bulan penjara,” kata Majelis Hakim.

Hukuman tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU), S. Pentury yakni 8 tahun pidana penjara dan denda 1 miliar subsider 6 bulan penjara.

Majelis Hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 112 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman,” kata Majelis hakim kepada terdakwa didampingi penasihat hukum Penny Tupan dan Herbert Dadiara.

Terdakwa, kata Hakim, ditangkap dengan barang bukti berupa dua paket narkoba jenis sabu-sabu, dua buah korek, satu buah kompor yang digunakan untuk mencairkan sabu dan satu buah gawai.

Sebelumnya, terdakwa dihubungi saksi Jafar terkait narkoba yang diletakan di bak sampah depan transit Passo, Desa Passo, pada 15 november 2020 lalu.

Kemudian terdakwa mengambil kedua buah paket tersebut dan membawa satu buah paket ke rumahnya dan satu paket dibawa kepada saksi Jafar yang berada di Hotel Atlantic.

Tim Satres Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease yang telah mendapatkan informasi dari saksi Jafar kemudian mengamankan terdakwa setelah dia sampai di parkiran sepeda motor Hotel Atlantic. (*)

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved