Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Juni Puncak Musim Hujan, Masyarakat Seram Selatan Diminta Waspada Cuaca Ekstrem Masa Transisi Musim

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada bulan Juni nanti Seram Selatan memasuki puncak musim hujan, berdasarkan prakiraan

Lukman Mukaddar
Kepala BMKG Statsiun Amahai Maluku Tengah, Frans Thomas Latuny saat ditemui di kantornya, Selasa (6/4/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada bulan Juni nanti Seram Selatan memasuki puncak musim hujan, berdasarkan prakiraan musim hujan.

Meski begitu, cuaca ekstrem dengan masa transisi kemarau ke hujan di mulai sejak Maret hinghga Mei 2021. Sedangkan transisi hujan ke kemarau akan dimulai pada September nanti. 

"Berdasarkan analisis klimatologinya maka perlu masyarakat ketahui bahwa pada massa transisi ada terjadi ketidakstabilan masa udara di atmosfer,"kata Kepala BMKG Statsiun Amahai Maluku Tengah, Frans Thomas Latuny, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Per 6 April 2021, Cuaca Ambon Diprediksi Hujan Saat Pagi dan Malam Nanti

Baca juga: Prakiraan Cuaca Maluku Selasa 6 April 2021, Waspada Hujan Lebat di Kepulauan Tanimbar

Dia melanjutkan, kondisi ini sangat berpengaruhu terhadap perubahan kondisi cuaca normalnya. Dia pun mencontohkan kondisi cuaca yang dialami beberapa hari belakangan.

"Sebentar lagi wilayah kita akan memasuki musim penghujan yang di tandai dengan kejadian hujan dalam bulan minimal 50 ml yang diikuti 2 dekade berturut-turut atau dalam 20 hari terjadi hujan terus-menerus,"terangnya.

Dia meminta masyarakat tetap waspada terjadinya cuaca ekstrem yang signifikan berupa hujan sangat lebat, angin kencang, gelombang laut tinggi, dan berdampak pada terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Dimohon untuk masyarakat tetap update infomasi cuaca. Harapan kami melalui informasi-informasi yang kami keluarkan dapat membantu kelancaran aktifitas masyarakat dan meminimalisir dampak bencana," ujarnya. (*)

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved